UNP gelar seminar internasional tahunan ICRLP 2021

id berita padang,berita sumbar,unp,universitas negeri padang,sumbar,seminar,he 4th International Conference on Research And Learning of Physics (ICRLP)

UNP gelar seminar internasional tahunan ICRLP 2021

Tangkapan layar kegiatan seminar international The 4th International Conference on Research And Learning of Physics (ICRLP) selama dua hari mulai 1 sampai 2 September 2021 yang diselenggarakan oleh Jurusan FMIPA UNP di Padang, Sumbar, Rabu (1/9/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas UNP Padang)

Padang (ANTARA) - Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat menyelenggarakan seminar internasional "The 4th International Conference on Research And Learning of Physics (ICRLP)" selama dua hari,  pada Rabu (1/9) hingga Kamis (2/9)  2021.

Ketua Penyelenggara ICRLP 202, Dr Riri Jonuarti, M.Si di Padang, Kamis menjelaskan tema yang diusung pada seminar internasional ini adalah “Flexibility and Innovation on Physics and Physics Education Research during a New Normal and Society 5.0 Era".

"Tema ini diangkat karena riset harus tetap dilakukan dan dikembangkan walaupun pandemi COVID-19 belum kunjung mereda," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan riset yang fleksibel, namun tetap menawarkan kebaruan atau inovasi di bidangnya adalah salah satu solusi dalam menyikapi keterbatasan pada era normal baru ini.

"Hal itulah yang melatarbelakangi seminar internasional ICRLP ke-4 ini tetap bisa dilaksanakan," katanya.

Dijelaskannya  ahwa ICRLP 2021 adalah konferensi internasional tahunan yang mempresentasikan penelitian terbaru di bidang fisika dan pembelajaran fisika

ICRLP bertujuan untuk menyediakan platform bagi akademisi, peneliti, profesional, praktisi, pengamat, guru dan siswa untuk mempresentasikan penelitian mereka saat ini dalam bidang fisika dan pembelajaran fisika.

Mengenai jumlah peserta dalam seminar internasional ini, kata dia, mencapai 334 orang partisipan yang telah bergabung di zoom meeting. Partisipan ini berasal dari dosen, guru, praktisi, mahasiswa (S1, S2, S3) dan pemerhati pendidikan.

Kegiatan ICRLP ini dapat terlaksana karena mendapat dukungan penuh dari Dekan FMIPA UNP, Dr Yulkifli, M.Si yang juga ikut meberikan sambutan dalam acara pembukaan.

Kegiatan ini didukung oleh universitas-universitas yang tergabung dalam Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (AMLI).

Dekan FMIPA menyampaikan terima kasih kepada Dekan FMIPA UNJ, Jakata,  Dekan FMIPA Unimed, Sumatera Utara, Dekan FMIPA Universitas Muhammadiyah  Malang, dan Dekan FMIPA UNNES, Semarang.

Selain itu, juga kepada Dekan UPSI Malaysia, UM Malaya, NTU Singapura, Stockholm University, Swedia, Osaka University, Jepang dan Mahidol University, Thailand.

Kegiatan ICRLP 2021 ini dibuka oleh Rektor UNP dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt.

Terdapat delapan narasumber utama dalam ICRLP 2021 ini yang berasal dari latar belakang negara dan bidang kajian yang berbeda-beda.

Narasumber tersebut yakni Prof. Wilson Agerico Dino (Osaka University, Jepang), Prof. Fabien Miomandre (Ecole normale superieure Paris-Saclay, Prancis), Dr. Caroline Bouvet de Maisonneuve( Nanyang Technological University, Singapura), Assoc Prof. Dr. Khajornsak Buaraphan (Mahidol University, Thailand),

Selanjutnya, Assoc Prof. Dr. Asrizal, M.Si (Universitas Negeri Padang, Indonesia), Assoc Prof. Dr. Nurul Syafiqah Yap Abdullah (Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia), Prof Rienk Smittenberg (Stockholm University, Swedia), dan Datuk Prof Dr. Harith Ahmad (University of Malaya, Malaysia).

Baca juga: UNP sepakati kerja sama Tridarma Perguruan Tinggi dengan India

Baca juga: Wujudkan generasi Qurani, UNP gelar lomba MTQ mahasiswa

Baca juga: UNP satu-satunya di Sumatera terima mahasiswa S3 Ilmu Keolahragaan

Baca juga: Rektor-dosen positif COVID-19, Universitas Negeri Padang "lockdown"


 

Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar