Saat ini, pemusatan latihan daerah sudah memasuki pra kompetisi
Banda Aceh (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh menyatakan terus mematangkan persiapan atlet yang akan diberangkatkan ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua pada Oktober mendatang.

Ketua Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON KONI Aceh Bachtiar Hasan di Banda Aceh, Kamis, mengatakan Aceh akan mengirim 124 atlet dari 25 cabang olahraga. Mereka yang dikirim adalah atlet yang lolos PON.

"Saat ini, pemusatan latihan daerah sudah memasuki pra kompetisi. Artinya, para atlet sudah siap berkompetisi. Di mana pra kompetisi ini lebih difokuskan kepada perbaikan kekurangan teknis dan mental bertanding," kata Bachtiar Hasan.

Baca juga: Aceh Targetkan masuk peringkat 15 besar PON XX

Bachtiar Hasan mengatakan masa pemusatan latihan daerah kurang sebulan lagi. Oleh karena itu, pengurus cabang olahraga maupun pelatih harus memaksimalkan waktu yang tersisa ini.

"Waktu kurang sebulan lagi. Ini kesempatan buat pelatih melihat dan mengevaluasi kembali bagaimana kekurangan atlet, baik teknis maupun mental bertanding," kata Bachtiar Hasan.

Sebelumnya, Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abubakar mengatakan pihaknya menargetkan 14 medali emas serta masuk peringkat 15 besar perolehan medali PON XX di Provinsi Papua yang dihelat Oktober 2021.

"Untuk memenuhi target tersebut, KONI Aceh sudah mempersiapkan atlet yang lolos PON Papua dengan melakukan pemusatan latihan yang sudah berlangsung sejak 2019," kata Kamaruddin Abubakar.

Menurut Kamaruddin Abubakar yang akrab disapa Abu Razak, target tersebut ditetapkan setelah melihat kemampuan atlet Aceh yang dinyatakan lolos PON. Serta hasil evaluasi atlet selama mengikuti pemusatan latihan.

Baca juga: KONI Aceh: Atlet dan ofisial PON sudah divaksin COVID-19

"Target yang sudah ditetapkan tersebut melampaui pencapaian medali di PON 2016 di Provinsi Jawa Barat. Pada saat itu, atlet Aceh meraih delapan emas, tujuh perak, dan sembilan perunggu," kata Abu Razak.

Abu Razak mengatakan Aceh meloloskan 124 atlet dari 25 cabang olahraga. Semua atlet tersebut berpotensi meraih medali di ajang pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Dari 25 cabang olahraga tersebut, 12 di antaranya menjadi andalan Aceh meraih emas. Cabang olahraga andalan tersebut di antaranya angkat besi, atletik, tarung derajat, panahan, kempo, dan lainnya, kata Abu Razak

"Untuk angkat besi, Aceh memiliki atlet putri yang memperkuat Indonesia di Olimpiade Tokyo. Kami berharap Nurul Akmal mampu mempersembahkan medali emas untuk Aceh," kata Abu Razak.

Baca juga: Aceh targetkan 14 medali emas di PON XX Papua

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021