Jakarta (ANTARA) - Sony Pictures Entertaintment membuat kesepakatan dengan Ruderman Family Foundations untuk memberdayakan aktor disabilitas dalam pertunjukan film maupun televisinya.

Kesepakatan ini disambut dengan baik karena bisa mendorong semakin banyak ruang di layar kaca atau layar lebar yang tersedia untuk para penyandang disabilitas.

"Sony Pictures menghargai kemitraan dan hubungan yang kami miliki dengan Ruderman Family Foundation serta dukungan luar biasa mereka dalam memajukan peluang bagi komunitas disabilitas,” kata Chief Diversity officer Sony Pictures Entertaintment Paul Martin seperti dikutip dari Deadline, Sabtu.

Baca juga: Kemlu angkat pemenuhan hak disabilitas lewat kompetisi film pendek

The Ruderman Foundation adalah lembaga advokasi di Amerika Serikat yang memiliki fokus pada komunitas disabilitas dan dalam beberapa tahun terakhir mereka mengkritik kurangnya ruang bagi kaum disabilitas dalam industri Hollywood.

Perjanjian ini sebelumnya sudah dilakukan oleh beberapa rumah produksi Hollywood seperti CBS Entertaintment pada 2019, disusul oleh NBCUniversal di Januari 2021, dan Paramount Pictures di Mei 2021.

Dalam perjanjian itu disepakati, bahwa untuk memajukan keberagaman perlu ada andil dari komunitas disabilitas yang merupakan kelompok minor dengan jumlah terbesar di Amerika Serikat.

Mereka perlu ruang untuk terlibat di industri Hollywood sehingga salah satu cara menjaring para talenta aktor yang merupakan penyandang menjadi cara yang baik untuk bisa memperluas peluang mereka berkecimpung di industri film dan TV.

Ada beberapa film yang telah dibuat dari talenta- talenta disabilitas yang terjaring oleh Ruderman Family Foundation seperti "This is Us", "See", "Atypical", "Spare Room", hingga "The Politician".

Tentunya keterlibatan Sony dalam mendukung komunitas disabilitas telah mendapat apresiasi yang baik dari berbagai pihak termasuk Ruderman Family Foundation.

"Dalam membuat komitmen, Sony dengan cepat sadar bahwa melakukan audisi untuk penyandang disabilitas memiliki nilai yang berarti baik dari segi nilai maupun dari segi bisnis. Representasi yang autentik, tidak hanya meningkatkan kualitas dari studio rumah produksi tapi juga memampukan Hollywood untuk bisa menjangkau aktor- aktor berbakat lainnya," kata President dari Ruderman Family Foundation Jay Ruderman.

Komitmen Sony Pictures bagi komunitas penyandang disabilitas adalah menjaga representasi autentik yang telah ditunjukan dalam salah satu karyanya "Atypical" dengan pemeran Matthew Duckett.

Dalam lima tahun terakhir Ruderman Family Foundation telah mendorong ekosistem Hollywood agar bisa menerima komunitas penyandang disabilitas.

Hal ini berkaca dari sebuah penelitian di 2019 yang menunjukan bahwa pemirsa televisi dan film menginginkan penggambaran karakter penyandang disabilitas dengan akurat dan tepat.

Namun sayangnya hanya 22 persen dari tayangan produksi Hollywood yang bisa memenuhi dan menggambarkan kondisi komunitas disabilitas.

Untuk mendukung lebih banyak kelompok disabilitas terlibat di industri film dan TV, lembaga ini pun ikut menggalang beberapa selebriti papan atas hingga pelaku industri film dan TV lainnya untuk bisa memberikan kesempatan pada kelompok disabilitas.

Sebut saja artis seperti George Clooney, Joaquin Phoenix, Ed Norton hingga Mark Ruffalo telah bersedia dan mengikuti kesepakatan tersebut sehingga peluang bagi kelompok disabilitas masuk ke industri film dan TV bisa lebih terbuka lagi.

Baca juga: Netflix dan BBC libatkan penyandang disabilitas berkreasi dalam film

Baca juga: Film "Sejauh Aku Melangkah" angkat kehidupan disabilitas

Baca juga: "The Witches" diprotes komunitas difabel, Warner Bros minta maaf

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021