Karawang (ANTARA) - Puluhan warga Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, diduga mengalami keracunan makanan usai mengikuti sebuah pengajian.

"Iya, ada 21 orang yang datang ke Puskesmas Kotabaru. Mereka diduga keracunan makanan," kata Kepala Puskesmas Kotabaru, Sari Ali Astuti, di Karawang, Sabtu.

Baca juga: Kondisi puluhan korban keracunan makanan di Sukabumi mulai membaik

Ia mengatakan, saat ini sebagian besar dari warga yang ke Puskesmas sudah pulang ke rumahnya masing-masing karena kondisinya sudah membaik.

Kini tersisa sejumlah warga yang masih dirawat di Puskesmas. Kemungkinan mereka harus menjalani rawat inap.

Baca juga: 26 warga di Barito Timur diduga keracunan makanan resepsi pernikahan

Gejala awal mereka yang diduga keracunan makanan itu mengalami muntah-muntah, sering buang air besar. Bahkan ada yang sampai mengalami keram perut.

Sari menyampaikan, pada awalnya puluhan korban keracunan makanan itu dibawa ke Puskesmas Cikampek Utara.

Baca juga: Kemarin, TikTok konten hina Palestina hingga warga keracunan makanan

Namun karena di Puskesmas Cikampek Utara tidak ada pelayanan rawat inap, mereka dibawa ke Puskesmas Kotabaru untuk mendapatkan perawatan intensif hingga ada yang dirawat inap.

Dalam pelayanannya, kebanyakan warga diberikan pertolongan berupa cairan infus. Selain itu, ada juga yang diberikan obat oralit.

"Kita khawatir ada yang mengalami dehidrasi berat, jadi kita lakukan pertolongan dengan memberikan cairan infus," katanya. (KR-MAK)

Baca juga: Puluhan warga di Sukabumi diduga keracunan makanan hajatan

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2021