"Lemahnya penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat turut menambah beban bagi relawan penanggulangan pandemi COVID-19,"
Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Pusat Muhammadiyah meminta masyarakat agar tidak lengah dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kendati angka COVID-19 di sejumlah daerah mengalami penurunan dibanding pada periode Juni-Juli lalu.

"Lemahnya penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat turut menambah beban bagi relawan penanggulangan pandemi COVID-19," ujar Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) PP Muhammadiyah, Budi Setiawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Budi mengatakan pemerintah masih menerapkan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan berbagai level. Masih berlakunya PPKM ini menuntut untuk tidak kendor Prokes sekalipun di daerah yang mengalami penurunan level PPKM.

Kendati demikian, Budi masih menemukan, utamanya di level mikro, kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah belum berkorelasi dengan kesadaran Prokes di masyarakat. Sebagian masyarakat terkesan abai, bahkan masih ada sebagian dari mereka yang menyepelekannya.

"Sikap tersebut menyebabkan terjadinya kucing-kucingan antara masyarakat dengan aparatur negara yang bertugas mengawasi penerapan PPKM," kata dia.
Baca juga: Polri gandeng Muhammadiyah percepat vaksinasi COVID-19 nasional
Baca juga: Menkopolhukam dengar saran kelompok agama terkait penanganan COVID-19


Budi mencontohkan pelancong yang datang ke Yogyakarta. Ia masih melihat adanya penumpukan massa di beberapa titik seperti di Jl. Malioboro mayoritas dari wisatawan, meski obyek wisata belum dibuka secara resmi namun wisatawan masih saja berdarmawisata.

Padahal dalam Inmendagri Nomor 38 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, pada Senin (30/8) sebagian besar wilayah Yogyakarta masih masuk PPKM level 4.

Meski begitu, Budi tetap optimistis PPKM di Yogyakarta akan segera turun level, mengingat angka terpapar dan kematian COVID-19 mengalami penurunan. Ia berpesan supaya masyarakat tidak terlena dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Nanti kalau levelnya diturunkan jangan sampai kemudian tracing, test, dan treatment kita menurun," kata dia.

Di sisi lain, Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Centre Agus Samsudin menyatakan bahwa pihaknya secara keseluruhan masih aktif membantu pemerintah menangani pandemi, utamanya mempercepat vaksinasi. Muhammadiyah menargetkan mampu melakukan vaksinasi hingga empat juta dosis hingga akhir tahun ini.

"MCCC pada bulan ini melaksanakan 12 vaksinasi di RS dan AUM (amal usaha Muhammadiyah) lainnya. Target kami empat juta vaksinasi sampai akhir tahun bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan," kata dia.
Baca juga: PP Muhammadiyah: Keberhasilan PPKM tergantung konsistensi dan disiplin
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021