Jakarta (ANTARA) - Universitas Kristen Indonesia (UKI) melalui Program Studi Ilmu Hubungan Internasional dan Program Studi Ilmu Politik melaksanakan program sosialisasi Portal Peduli WNI kepada pelajar Indonesia di Humber College, Toronto, Kanada.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa, sosialisasi Portal Peduli WNI sangat penting untuk membantu para pelajar Indonesia di Toronto mendapatkan pelayanan dan pelindungan dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Toronto (KJRI) secara maksimal, seperti pelayanan perpanjangan paspor, pembuatan Surat Keterangan, dan pendataan kontak keluarga di Indonesia jika terjadi kondisi darurat.

"Hal-hal tak terduga bisa datang kapan saja terutama di era COVID-19 saat ini," kata Konsul Jenderal RI Toronto Leonard F. Hutabarat.

Pelajar dan mahasiswa merupakan salah satu kelompok masyarakat Indonesia terbesar di Wilayah Kerja KJRI Toronto, yang meliputi Provinsi Ontario, Manitoba, Saskatchewan, dan Nunavut. Jumlah pelajar dan mahasiswa Indonesia saat ini berkisar 33-35 persen dari seluruh total WNI di Wilayah KJRI Toronto.

Portal Peduli WNI merupakan sebuah platform online yang dikembangkan oleh Kementerian Luar Negeri dan diterapkan sejak tahun 2018. Saat ini, Portal Peduli WNI telah terhubung dengan data kependudukan yang dimiliki oleh Kementerian Dalam Negeri dan data dokumen perjalanan atau paspor yang dimiliki oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Baca juga: Menlu: diplomasi digital alat untuk perlindungan warga

Baca juga: Menlu: Portal Peduli WNI menjadi standar pelayanan di seluruh Perwakilan RI


Data Lapor Diri di Portal Peduli WNI bersumber dari KTP, paspor, dan bukti tinggal di negara setempat yang masih berlaku, seperti kartu Permanent Residence (PR), Work Permit, atau Study Permit.

Sosialisasi Lapor Diri di Portal Peduli WNI menjadi semakin penting di masa pandemi COVID-19. Melalui data Lapor Diri, para mahasiswa yang membutuhkan layanan dan pelindungan dari KJRI Toronto dapat segera ditangani, termasuk bantuan logistik bagi mahasiswa yang terdampak pandemi COVID-19.

Para mahasiswa juga dapat memanfaatkan layanan di “Warung Konsuler” yang tersebar di berbagai kota di luar wilayah Toronto, Pelayanan Kekonsuleran di Hari Sabtu (Pandu), dan Pelayanan Prioritas WNI (PERTIWI) bagi kelompok rentan seperti lansia, ibu hamil, dan disabilitas.

Selain itu, KJRI Toronto juga telah menerapkan inovasi Walk-In Assistance dengan menempatkan staf khusus yang akan memandu secara langsung WNI dalam melakukan Lapor Diri. Ruang Pelayanan Publik KJRI Toronto juga telah mengalami renovasi sehingga sesuai dengan standar penanganan COVID-19, seperti penggunaan pintu otomatis, perluasan area pelayanan publik untuk mendukung penerapan physical distancing, dan washroom yang memenuhi standar bagi kelompok rentan.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fisipol UKI tentang sosialisasi Portal Peduli WNI terselenggara melalui kerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Toronto, Kanada (KJRI Toronto) dan Permika Humber College, Toronto. Para mahasiswa Humber College Toronto sangat antusias dan berkontribusi positif dalam kegiatan ini. Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Senin, 6 September 2021 pukul 08.30-10.00 WIB atau 5 September 2021 pukul 20.30-22.00 waktu Kanada.

Baca juga: Presiden luncurkan Portal Peduli WNI Kemenlu

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021