Jakarta (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat dan pemenang hadial Nobel Perdamaian, Al Gore akan berkunjung ke Jakarta pada 9 Januari 2011 untuk menghadiri "Bussines for Enviroment (B4E) Forrest Dialogue" dalam rangka merayakan peluncuran Tahun Hutan Internasional Perserikatan bangsa-Bangsa.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman di Jakarta, Selasa, mengemukakan, pihaknya berkomitmen menggalakkan pembangunan rendah karbon dan pertumbuhan berkelanjutan yang berdampak positif bagi Bangsa Indonesia dan lingkungan hidup.

"Kami mengundang mantan Wapres AS ke Jakarta untuk berbagi ide tentang isu-isu dan untuk mengeksplorasi kemitraan dengan pemerintah, usaha dan komunitas regional dan lokal, dalam rangka melindungi hutan dan memperlambat pemanasan global," katanya.

Menyongsong kehadiran kegiatan itu, DPD RI bersama Universitas Seoul (Korea Selatan) akan menggelar diskusi pada 7 Januari 2011 tentang Pengembangan Kebijakan dan Pertumbuhan Hutan di Lingkungan Parlemen (Green Policy and Economy).

Menurut keterangan dari Setjen DPD RI, diskusi akan menghadirkan pembicara dari parlemen Korea Selatan, DPD RI, pejabat pemerintah RI dan Korea Selatan serta perguruan tinggi dari Seoul dan Institut Pertanian Bogor, termasuk gubernur dan kalangan dunia usaha.

Al Gore akan menjadi pembicara dalam satu sesi dengan Ketua DPD RI Irman Gusman, Koordinator Residen PBB El-Mustafa Benlamlih, CEO WWF Indonesia Dr Efransjah serta Ketua BKPM Gita Wirjawan.

Sebagai salah satu suara dunia yang paling berpengaruh terhadap perubahan lingkungan dan iklim, Al Gore akan menyampaikan pidato utama secara eksklusif dan menyampaikan berbagai pemikiran untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik serta visinya tentang peran hutan di masa depan yang berkelanjutan.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan DPD RI bersama UNDP, WWF dan Global Institut, akan dieksplorasi peran hutan Indonesia sebagai solusi untuk mengurangi emisi karbon global dan memerangi perubahan iklim.

B4E Forest Dialogue juga akan berfungsi untuk mengumumkan "B4E Global Summit" tahunan kelima yang dijadwalkan pada 27-29 April 2011 yang juga akan diadakan di Jakarta. B4E merupakan konferensi internasional terkemuka dunia tentang dialog dan aksi yang didorong kebutuhan bisnis (bussines driven action) untuk lingkungan hidup.

B4E Global Summit 2011 akan diselenggarakan dalam kemitraan dengan DPD RI, Pemerintah Indonesia, WWF dan Global Initiatives serta memeprtemukan pemimpin dunia, CEO, LSM, lembaga-lembaga internasional serta kalangan media untuk membahas serta mengusulkan solusi kolaboratif untuk mengatasi isu lingkungan hidup dan iklim paling mendesak yang dihadapi dunia saat ini.(*)

(T.S023/R014/R009) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010