Kandangan (ANTARA) - Tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia melakukan penilaian proses belajar mengajar di sekolah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan selama pandemi COVID-19.

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siti Erma di Kandangan, Selasa mengatakan, tim penilai dari Kemendikbud ini sudah tiga pekan mengunjungi beberapa sekolah di daerah ini.

Menurut Bupati HSS, saat menerima kunjungan tim penilaian atau assessment sekolah, kedatangan mereka selain untuk menjalin silaturahmi, sekaligus menyampaikan kegiatan yang sudah dilakukan oleh tim di beberapa sekolah di daerah ini.

Baca juga: 15 santri HSS terima bantuan pendidikan ke Tareem Yaman

Dijelaskan, assessment yang dilakukan ini merupakan program dari Kemendikbud RI, yang bernama "Kejar Mutu", yaitu kegiatannya melakukan assessment terhadap sekolah, khususnya siswa dan guru, terkait dampak pada masa pandemi COVID-19.

"Saya sangat berterima kasih dan menyambut baik dengan kegiatan "Kejar Mutu", yang sudah dilaksanakan Kemendikbud RI di HSS," katanya.

Baca juga: Kemendikbud didorong bentuk tim untuk tindaklanjuti hasil PISA

Bupati berharap, dari hasil assessment yang dilakukan tiga pekan lebih ini, bisa memberi gambaran, apa yang terjadi setelah anak-anak selama 1,5 tahun tidak belajar tatap muka.

"Hasil dari kegiatan ini tentu akan menjadi input bagi kami untuk melakukan kebijakan-kebijakan," katanya.

Baca juga: KPAI minta Kemendikbud bentuk tim evaluasi SMA Taruna Palembang

Ditambahkan, setelah hasil assessmentnya keluar, pihaknya akan segera mengambil langkah kongkrit dan sesegeranya juga akan memberlakukannya di semua sekolah yang ada di Kabupaten HSS.

Baca juga: Kemendikbud bentuk tim satgas implementasi zonasi pendidikan

Pewarta: Ulul Maskuriah/Fathurrahman
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2021