Kroasia rebut puncak Grup H, Rusia dan Slovakia kompak menang 2-0

id kualifikasi piala dunia 2022,timnas kroasia,timnas rusia,timnas slovakia,timnas slovenia,timnas malta,timnas siprus,kualifikasi piala dunia eropa

Kroasia rebut puncak Grup H, Rusia dan Slovakia kompak menang 2-0

Penyerang tim nasional Kroasia Nikola Vlasic (kiri) mencetak gol ketiga timnya ke gawang Slovenia dalam laga lanjutan Grup H kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Poljud, Split, Kroasia, Selasa (7/9/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Antonio Bronic)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Kroasia merebut posisi puncak klasemen Grup H kualifikasi Piala Dunia 2022 seusai mengalahkan Slovenia 3-0 ketika di laga lain Rusia dan Slovakia kompak menang dengan skor 2-0 pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Kroasia naik ke puncak menggusur Rusia berbekal keunggulan selisih gol, kendati kedua tim sama-sama mengoleksi 13 poin, sementara Slovakia (9) naik ke posisi ketiga menyalip Slovenia (7).

Malta (4) yang dikalahkan Rusia tak beranjak dari posisi kelima, demikian juga Siprus (4) yang ditundukkan Slovakia tetap menjadi juru kunci, menutup rangkaian pertandingan bulan September.

Grup H akan memulai jeda internasional bulan depan dengan rangkaian laga Siprus vs Malta, Kroasia vs Slovakia dan Slovenia vs Rusia pada 11 Oktober nanti.

Berikut ringkasan hasil tiga pertandingan Grup H kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung Selasa waktu setempat (Rabu WIB) seturut laman resmi UEFA:

Kroasia 3 - Slovenia 0

Setelah kalah 0-1 dalam pertemuan pertama Maret lalu, Kroasia menuntaskan revans atas Slovenia dengan kemenangan 3-0 di Stadion Poljud, Split.

Kroasia yang tampil dominan sepanjang laga membuka keunggulan lewat tandukan jarak dekat Marko Livaja menyambut bola sundulan Mario Pasalic yang sempat membentur tiang gawang pada menit ke-33.

Pasalic menggandakan keunggulan tersebut pada menit ke-66 menyelesaikan umpan Ivan Perisic, sebelum kemenangan tuan rumah dilengkapi oleh gol sundulan Nikola Vlasic dalam injury time.
Gelandang serang tim nasional Rusia Zelikhan Bakaev mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Malta dalam laga lanjutan Grup H kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Oktritie Arena, Moskow, Selasa (7/9/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Shamil Zhumatov)


Rusia 2 - Malta 0

Rusia memetik kemenangan keempat mereka dalam enam laga Grup H dengan menundukkan Malta 2-0 di Otkritie Arena, Moskow.

Gol pembuka keunggulan Rusia lahir dari blunder bek Steve Borg yang umpan baliknya ke arah kiper Henry Bonello terlalu lemah dan mudah dicuri oleh Fedor Smolov untuk menjebol gawang tim tamu.

Keunggulan itu berganda pada menit ke-84 lewat eksekusi penalti Zelimkhan Bakaev, setelah Ryan Camenzuli tanpa sengaja menghalau bola tembakan jarak jauh Daler Kuzyaev dengan tangannya.

Pada menit pertama injury time Maksim Osipenko nyaris mencetak gol ketiga Rusia, tetapi bola tembakannya dihentikan oleh Bonello sebelum melewati garis gawang sebagaimana dikonfirmasi VAR.

Slovakia 2 - Siprus 0

Menjamu Siprus di Stadion Nasional, Bratislava, Slovakia menang 2-0 untuk membukukan raihan tiga poin keduanya di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Pemain sayap Ivan Schranz memecahkan kebuntuan untuk membuka keunggulan Slovakia pada menit ke-54 setelah menyambut sempurna umpan silang David Hancko.

Lantas pada menit ke-77, setelah para pemain Siprus gagal mengantisipasi sempurna situasi sepak pojok bola liar disambar Martin Koscelnik dari jarak jauh untuk menggandakan keunggulan Slovakia yang bertahan hingga bubaran.

Baca juga: Denmark bombardir Israel, Skotlandia pecundangi Austria
Baca juga: Trigol Depay dan Haaland warnai kemenangan Belanda serta Norwegia
Baca juga: Griezmann bimbing Prancis kembali ke jalur kemenangan

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar