Indonesia dan Malaysia selama ini menjadi jangkar dalam penyelesaian masalah-masalah di kawasan.
Kuala Lumpur (ANTARA) - Ismail Sabri Yaakob akan melakukan kunjungan pertama ke luar negeri sejak dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia dan negara pertama yang dikunjunginya adalah Indonesia, kata Duta Besar RI di Kuala Lumpur Hermono, Rabu

"Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah menyampaikan rencana kunjungan perdana menteri ke Indonesia. Hanya waktunya yang sedang dicari karena parlemen akan sidang lagi 13 September," ujar Hermono pada acara donor darah untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 di KBRI Kuala Lumpur.

Sebelumnya, Hermono mengunjungi Menlu Saifuddin di Wisma Putra pada Selasa.

Hermono mengatakan PM Ismail Sabri ingin menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjunginya.

"Ini juga menunjukkan betapa pentingnya hubungan Malaysia dan Indonesia karena selalu Indonesia adalah negara pertama yang dikunjungi oleh Perdana Menteri Malaysia," katanya.

Saat bertemu dengan Menlu Malaysia, kata Hermono, dia menyampaikan komitmen kedua negara untuk terus bekerja sama tidak hanya dalam masalah bilateral tetapi juga masalah-masalah di kawasan seperti konflik di Myanmar, Afghanistan dan Palestina.

"Indonesia dan Malaysia selama ini menjadi jangkar dalam penyelesaian masalah-masalah di kawasan," kata Hermono.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI yang ingin bekerjasama dengan Malaysia dalam menyelesaikan masalah-masalah kawasan, kata dia.

"Karena Indonesia dan Malaysia selalu berbicara untuk masalah keamanan kawasan maupun internasional," kata Hermono.

Baca juga: Indonesia, Malaysia rayakan Hari Kemerdekaan bersama
Baca juga: UKM perbatasan Indonesia-Malaysia gali potensi kerja sama

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021