Sukses di tingkat SMA, Ruangguru gelar kompetisi sains tingkat SMP

id Ruangguru,Kompetisi sains

Sukses di tingkat SMA, Ruangguru gelar kompetisi sains tingkat SMP

Tangkapan layar - Head Of Corporate Communications Anggini Setiawan dalam Media Gathering Kompetisi Sains Ruangguru yang terpantau secara daring dari Jakarta, Rabu (8/9/2021). ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti/aa.

Jakarta (ANTARA) - Head Of Corporate Communications Ruangguru, Anggini Setiawan mengatakan pihaknya sedang menggelar Kompetisi Sains Ruangguru (KSR) untuk tingkat SMP/MTs setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan KSR pada tingkat SMA/MA.
 

“Kita berpikir mungkin kalau ini di bawa ke SMP dan MTs ini bisa mendapatkan animo yang kurang lebih sama, kita bisa mempelajari datanya lebih lanjut lagi. Jadi oleh karena itu kita memutuskan akan meneruskan KSR ini sampai ke jenjang SMP dan MTs,” kata Anggini dalam Media Gathering Kompetisi Sains Ruangguru yang terpantau secara daring di Jakarta, Rabu.
 

Anggini menjelaskan tujuan dari acara tersebut adalah menjadi sebuah wadah untuk anak dapat berkarya sekaligus memajukan dan meningkatkan minat dalam pelajaran sains sejak dini, yakni sejak duduk di bangku SMP.
 

Kompetisi tersebut akan terbagi menjadi dua tahap yaitu tahap regional dan tahap nasional. Sedangkan untuk bidang sains yang akan dilombakan, dia mengatakan pihaknya telah menyesuaikan sesuai dengan tingkat jenjang pendidikan peserta.
 

Bidang-bidang sains yang akan diujikan adalah ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial (IPS) serta matematika.


Baca juga: Penetrasi internet berpengaruh positif terhadap indeks nilai siswa

Baca juga: Ruangguru rilis fitur baru Adapto, tingkatkan interaksi belajar


Untuk prosedur registrasi, Anggini mengatakan jadwal pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 12 Agustus 2021 hingga 12 September 2021 mendatang. Bagi peserta yang ingin mendaftar dapat langsung melakukan registrasi melalui via email atau aplikasi Ruangguru.
 

Lebih lanjut dia menjelaskan, jalur pendaftaran terbagi menjadi dua. Jalur pertama peserta dapat mendaftarkan diri sebagai individu secara pribadi, kemudian pada jalur kedua peserta dapat mendaftarkan diri dengan mewakilkan sekolah.
 

Bagi peserta yang ingin mengikuti kompetisi tersebut, ada sejumlah persyaratan yang perlu diperhatikan pada saat ingin mendaftarkan diri.
 

“Persyaratannya sebenarnya yang penting mereka pelajar tingkat SMP/MTs kelas 7, 8 dan 9 tahun ajaran 2021/2022, telah mendapatkan persetujuan dari wali dan setiap peserta itu hanya boleh memilih satu bidang perlombaan sains. Jadi satu mata pelajaran saja,” kata dia menjelaskan syarat-syarat yang harus dipatuhi oleh calon peserta.
 

Perihal penjadwalan kompetisi KSR untuk tingkat SMP/MTs Anggini mengatakan ronde regional akan jatuh pada tanggal 25 September 2021. Sedangkan ronde nasional akan berlangsung dimulai dari tanggal 7 Oktober hingga 23 Oktober 2021.

Baca juga: Digitalisasi bantu dorong program "Merdeka Belajar" siswa dan guru

Baca juga: Kiat cari kerja untuk "fresh graduate" di kala pandemi ala Ruangguru

 


Pewarta : Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar