Ketua DPR RI dorong RUU SKN segera diselesaikan

id DPR RI,Haornas 2021,Puan Maharani

Ketua DPR RI dorong RUU SKN segera diselesaikan

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. ANTARA/HO-DPR RI

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong agar Rancangan Undang-Undang tentang Sistem Keolahragaan Nasional (RUU SKN) segera diselesaikan agar menjadi payung hukum rancangan besar (grand design) olahraga nasional 2021—2045.

"RUU tentang Sistem Keolahragaan Nasional menjadi salah satu RUU yang fokus diselesaikan oleh DPR apda masa sidang ini pada tingkat I bersama pemerintah," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Puan mengatakan hal itu bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh setiap tanggal 9 September. Dalam peringatan Haornas tersebut, dia mengajak seluruh masyarakat terus mendukung prestasi para atlet nasional.

Ia menilai RUU SKN urgen untuk segera diselesaikan karena akan menjadi payung hukum peningkatan pembinaan olahraga di Indonesia.

"Pembahasan RUU tersebut harus melibatkan seluruh elemen masyarakat yang terkait dengan dunia olahraga dan juga harus terbuka terhadap masukan-masukan, termasuk dari kelompok suporter yang punya andil besar dalam sistem keolahragaan kita," ujarnya.

Pada peringatan Haornas 2021, dia berharap agar para atlet terus meningkatkan prestasi karena keberhasilan atlet Indonesia di ajang nasional dan internasional menjadi salah satu sarana pemersatu bangsa.

Puan mendorong pemerintah untuk meningkatkan pembinaan olahraga agar para atlet bisa makin maju dalam prestasi.

"Pemerintah juga diimbau fokus dengan pembinaan di cabang olahraga potensial pendulang medali di turnamen-turnamen internasional, seperti bulu tangkis, menembak, angkat besi, panahan, dan atletik," katanya.

Ketua DPR ini juga berharap pemerintah lebih memikirkan kehidupan mantan-mantan atlet berprestasi yang sudah tidak lagi produktif.

Ia menegaskan bahwa negara tidak boleh melupakan jasa para atlet yang telah berjuang mengharumkan nama bangsa.

"Negara jangan sampai lepas tangan terhadap nasib mantan atlet berprestasi, khususnya mereka yang saat ini hidup susah. Saya berharap pemerintah memberi perhatian lebih meskipun mereka sudah pensiun karena mereka adalah pahlawan olahraga nasional," ujarnya.

Puan berharap peringatan Haornas menjadi pengingat persatuan bangsa, terutama olahraga saat ini telah menjadi tren gaya hidup masyarakat.

Baca juga: Haornas, Leani harap atlet disabilitas dapat kesetaraan publikasi

Baca juga: Torehan prestasi untuk Ibu Pertiwi iringi peringatan Haornas


Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar