Wagub DKI: Sumber daya dan warga bantaran jadi fokus hadapi banjir

id Wagub DKI,Riza Patria,Antisipasi Banjir Jakarta,Banjir Jakarta

Wagub DKI: Sumber daya dan warga bantaran jadi fokus hadapi banjir

Satuan Pelaksana Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Kelapa Gading mengeruk sedimen lumpur dan sampah dari saluran air di pemukiman penduduk pada Senin (6/9/2021). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Utara/am.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan  optimalisasi sumber daya dan penanganan warga bantaran menjadi fokus menghadapi banjir yang kerap terjadi di ibu kota  selama memasuki musim hujan. 

Hal itu, kata politisi senior Gerindra tersebut, menjadi bahasan dalam rapat penanganan banjir yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta pada Kamis ini.

Baca juga: Penanggung jawab SKPD ditempatkan di daerah rawan banjir

"Dalam rapat tersebut, yang perlu digarisbawahi adalah mengupayakan sumber daya dan upaya yang ada dalam mengantisipasi banjir, termasuk menjaga dan melibatkan warga di bantaran sungai," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis.

Dalam mengoptimalkan sumber daya yang ada, Riza menjelaskan  Pemprov DKI akan mengerahkan seluruh aparat pemerintahan dari berbagai instansi untuk bersiaga dan terlibat aktif, selain dilakukan pengerjaan fisik seperti pengerukan dasar sungai yang dilakukan sebanyak dua sif.

Baca juga: Sudin SDA Jakut maksimalkan fungsi saluran air jelang musim penghujan

Selain itu, Riza juga mengajak semua pihak untuk bekerjasama dalam penyelesaian masalah banjir di Jakarta, selain bersiaga untuk menghadapi banjir yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

"Untuk itu, perlu kerja sama semua pihak termasuk masyarakat untuk bersiap siaga, karena banjir ini tidak bisa selesai dalam satu atau dua tahun tapi butuh bertahun-tahun usaha," menambahkan.

Baca juga: Pemkot Jakpus siagakan pompa dan keruk aliran sungai

Diketahui, cuaca di Jakarta dalam empat hingga tujuh hari terakhir terpantau sudah diguyur hujan dengan cukup deras.

Meski demikian, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) belum menempatkan DKI Jakarta sebagai daerah yang perlu diwaspadai atas potensi banjir atau dengan curah hujan tinggi dari 1-10 September 2021 mendatang.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar