Kami jelas berada dalam fase transisi dan itu akan menjadi tantangan
Sydney (ANTARA) - Negara bagian Victoria Australia melaporkan kenaikan satu hari terbesar dalam kasus COVID-19 tahun ini, mayoritas di Melbourne, saat sebagian besar wilayah lain di negara bagian itu mulai tidak memberlakukan "lockdown" pada Jumat.

Para pejabat telah mengumumkan rencana untuk mengeluarkan Melbourne dan Sydney dari penguncian yang diperpanjang dalam beberapa minggu mendatang, meskipun infeksi terus meningkat di kedua kota terbesar di negara itu.

Pergeseran ke strategi hidup dengan, daripada menekan, virus setelah mencapai cakupan vaksin nasional 70-80 persen adalah bagian dari rencana pembukaan kembali empat tahap yang diresmikan oleh pemerintah federal pada Juli.

Tingkat vaksinasi nasional untuk orang dewasa saat ini sekitar 40 persen.

Baca juga: Negara bagian Victoria Australia laporkan 25 kasus lokal baru COVID

Pemimpin Negara Bagian Victoria Daniel Andrews, yang negara bagiannya pada hari Jumat melaporkan 334 kasus baru yang didapat secara lokal dan satu kematian, mengatakan pembatasan penguncian di Melbourne tidak akan dilonggarkan sampai 70 persen dari populasi orang dewasa telah menerima setidaknya satu dosis vaksin, dengan target sampai 23 September.

Sementara itu, Pemimpin Negara Bagian New South Wales Gladys Berejiklian pada Kamis (9/9) mengatakan bisnis di kota Sydney dapat dibuka kembali setelah 70 persen dari populasi orang dewasa negara bagian itu divaksin penuh, target yang akan dicapai sekitar pertengahan Oktober.

Berejiklian membantah bahwa dia menentang saran dari pejabat kesehatan negara bagian yang, menurut laporan media lokal, ingin pembatasan dilonggarkan hanya ketika tingkat vaksinasi mencapai 80 persen.

Baca juga: Victoria Australia catat rekor kasus COVID saat lockdown

"Sepanjang perjalanan ini selalu menyeimbangkan risiko kesehatan dengan kesehatan mental dan kemampuan untuk bergerak bebas dan hidup dengan COVID," kata Berejiklian kepada Nine News.

"Kami jelas berada dalam fase transisi dan itu akan menjadi tantangan."

Ibu kota Australia, Canberra, juga menjadi sasaran tindakan penguncian karena wabah varian Delta.

Tetapi sebagian besar kota lain menikmati kehidupan bebas tanpa pembatasan COVID.

Jumlah total infeksi Australia mencapai 68.400 kasus, termasuk 1.067 kematian.

Sumber : Reuters

Baca juga: Negara bagian Victoria catat pengurangan kasus COVID-19
Baca juga: Victoria Australia laporkan 92 kasus lokal COVID-19

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021