Jakarta (ANTARA) -
JD.ID membuka gerai JD HUB ketiga di The Elements Apartment Kuningan, Jakarta Selatan hari ini.

JD HUB adalah toko ritel offline milik JD.ID dengan konsep minimarket yang menjual berbagai produk makanan dan minuman kemasan, produk segar seperti buah-buahan hingga sayur-sayuran dan berbagai produk kebutuhan sehari-hari.

"Dengan menggunakan istilah hub yang berarti pusat, JD.ID bermaksud untuk membangun ekosistem belanja online sekaligus offline yang terintegrasi, sehingga mampu menyapa konsumen secara lebih dekat," kata Eyvette Tung, Head of Offline Business JD.ID dalam keterangannya pada Jumat.


Baca juga: Cinta Laura didapuk jadi duta merek Jd.id

Baca juga: Jd.id dukung Gernas BBI


Sejak tahun 2018, JD.ID terus fokus pada strategi O2O (online-to-offline), di mana strategi bisnis omni-channel yang mengkombinasikan dua saluran bisnis berbeda (online dan offline) untuk melengkapi satu sama lain.

Strategi tersebut diterapkan oleh JD.ID guna meningkatkan penjualan bisnis offline melalui kehadiran platform online, serta meningkatkan lalu lintas bisnis offline melalui konversi ke titik pick-up platform online.

Melalui JD HUB, JD.ID berharap agar dapat senantiasa menghadirkan kemudahan, kenyamanan, serta kebebasan bagi para konsumen dalam memilih platform belanja yang paling sesuai untuk-nya. Baik memilih untuk membeli produk secara online di aplikasi JD.ID, kemudian mengambil-nya di gerai offline, atau-pun memilih dan membeli produk dari gerai offline terdekat untuk kemudian mengirimkan-nya ke alamat tujuan.

"Kami percaya bahwa JD HUB akan memberikan nilai tambah bagi para pelanggan setia JD.ID, karena letaknya yang dekat dan strategis, serta suasana toko yang luas dan nyaman. Dengan rangkaian promo yang menarik, pilihan produk yang berkualitas, serta asuransi atas produk yang #DijaminOri, pengalaman belanja di JD HUB tentu tak akan kalah spesial dengan belanja di platform online JD.ID," kata Eyvette.

Selain itu, dengan memanfaatkan fitur "Nearby Shops", para pelanggan tidak hanya bisa belanja secara tatap muka di gerai JD HUB, melainkan bisa belanja kapan-pun dan di manapun melalui smartphone mereka, dengan durasi kirim yang lebih singkat (baik dengan metode self pick-up maupun kurir logistik dengan durasi 1 hingga 2 jam) dan ongkos kirim yang diklaim lebih murah.

Saat ini tiga gerai offline JD HUB telah hadir di dua lokasi strategis di Jakarta, yakni di kawasan Karet Kuningan dan Gandaria, Jakarta Selatan. Selain gerai offline, JD.ID juga telah memiliki 17 gerai JD HUB yang tersebar di Jakarta dan Surabaya, yang berfungsi sebagai titik pick-up bagi para pelanggan yang berbelanja secara online dan memanfaatkan fitur "Nearby Shops" di aplikasi JD.ID.

Ke depan, JD.ID akan secara aktif dan berkelanjutan melakukan penetrasi pasar atas strategi O2O tersebut, dengan mengedepankan motto “Joyful Shopping Experience” (pengalaman belanja yang menyenangkan) sebagai modal utama-nya.

Dengan membuka dan mengembangkan lebih banyak gerai O2O di kawasan perkantoran dan perumahan tanah air, JD.ID ingin mewujudkan misi-nya untuk menjadi platform e-commerce pertama dengan integrasi offline dan online terbesar dan terluas di Indonesia.

Kerja sama strategis

Diresmikan-nya gerai JD HUB ini merupakan implementasi dari perjanjian kerjasama strategis antara JD.ID dan Sinarmas Land, untuk mengisi ruang-ruang ritel di proyek milik Sinarmas Land.

"Saya senang dengan kemitraan JD.ID dengan Sinarmas Land. Sinarmas Land merupakan salah satu developer Indonesia dengan portofolio properti terbesar dan paling beragam. Melalui kerjasama ini, kami begitu diuntungkan karena dapat membangun dan mengembangkan ‘hub’ di kawasan yang strategis, di area perumahan maupun perkantoran," kata Eyvette.

Selain pengembangan ruang ritel yang lebih luas, ke depan-nya, JD.ID juga akan menyediakan fitur pembayaran digital (billing payment platform) bagi warga di township dan proyek Sinarmas Land, serta menyediakan platform digital-marketing bagi Sinarmas Land dalam mempromosikan produk properti milik-nya, seperti residential, kantor, maupun ruang ritel, melalui teknologi virtual showroom maupun event.


Baca juga: JD.com peringkat ke-59 daftar 500 perusahaan Fortune Global

Baca juga: Rayakan "Marketplace Anniversary" ketiga, JD.ID gelar program promo

Baca juga: Jd.id kolaborasi dengan AdaKami guna perkuat ekosistem

 
 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021