Rusia perkuat markas militer di Tajikistan

id Rusia,perkuat markas militer,Tajikistan

Rusia perkuat markas militer di Tajikistan

Tank angkatan bersenjata Tajikistan tampak dalam latihan militer gabungan dengan Rusia dan Uzbekistan di dekat perbatasan Tajikistan-Afghanistan, Selasa (10/8/2021). ANTARA/REUTERS/Didor Sadulloev/am.

Moskow (ANTARA) - Rusia memperkuat markas militernya di Tajikistan yang bertetangga dengan Afghanistan, dengan menempatkan 30 tank baru hingga akhir 2021, seperti yang dilaporkan Kantor Berita Interfax.

Moskow menggelar latihan militer di Tajikistan dan memperbanyak perangkat keras di markas tersebut, sejak Amerika Serikat menarik pasukannya dari Afghanistan dan pengambil alihan singkat oleh Taliban. Itu merupakan ekspansi terbesar Rusia di luar negeri.

Rusia khawatir dengan potensi kejatuhan di wilayah yang lebih luas dan kemungkinan kelompok ekstremis menyusup ke Asia Tengah, yang dilihat Moskow sebagai penyangga pertahanan wilayah selatan mereka.

Perbatasan Tajikistan dengan Afghanistan membentang sejauh 1.344 km dan sebagian besar merupakan wilayah pegunungan dan mempersulit pihak kepolisian.

Interfax yang mengutip komandan unit tank Distrik Militer Pusat Rusia Khanif Beglov, menyebutkan bahwa 30 tank modern akan ditempatkan di markas tersebut hingga akhir tahun 2021 untuk menggantikan kendaraan tempur yang lebih usang.

Sumber: Reuters
Baca juga: Rusia akan kirim perangkat keras militer jumlah besar ke Belarus
Baca juga: Evakuasi warga dari Afghanistan, Rusia latihan militer di perbatasan
Baca juga: Pejabat: Pesawat Tajikistan atau Rusia bom perbatasan Afghanistan, enam tewas

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar