Bank DKI kembali raih "Top of the Top" di ajang Top BUMD Awards 2021

id Bank DKI,BUMD Awards

Bank DKI kembali raih "Top of the Top" di ajang Top BUMD Awards 2021

Perwakilan dari manajemen Bank DKI menerima dua penghargaan sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbaik "Top of the Top BUMD 2021 dan TOP #BPD-Bintang 5" pada TOP BUMD Awards 2021 di Jakarta, Jumat (10/9/2021). ANTARA/HO-Bank DKI

Jakarta (ANTARA) - Bank DKI kembali meraih penghargaan sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbaik "Top of the Top BUMD 2021" dan "TOP #BPD-Bintang 5" di ajang TOP BUMD Awards 2021 yang diselenggarakan Majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (I-OTDA).

Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi menerima langsung dua penghargaan dari TOP BUMD Awards 2021 pada Jumat kemarin.

Baca juga: Bank DKI mulai distribusikan KJP pada penerima baru secara bertahap

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu, menyampaikan terima kasih kepada segenap jajaran manajemen Bank DKI, nasabah, serta seluruh mitra.

"Terutama kepada seluruh nasabah dan mitra kerja Bank DKI atas kepercayaannya dalam menggunakan produk dan layanan Bank DKI sehingga Bank DKI tetap dapat tumbuh di tengah pandemi COVID-19," kata Herry.

Penghargaan TOP BUMD kepada Bank DKI itu berdasarkan hasil penilaian dewan juri yang terdiri dari para praktisi dan konsultan bisnis.

Baca juga: Bank DKI-Pemprov-OJK layani vaksin dan literasi keuangan di SMAN 111

Para juri menilai berdasarkan prestasi, perbaikan, dan kontribusi BUMD terkait dengan kinerja, bisnis, layanan, serta sumbangsih terhadap perekonomian daerah.

Herry menuturkan Bank DKI melakukan berbagai kebijakan cepat sebagai respon saat pandemi COVID-19 menunjukkan hasil yang positif terhadap sektor kesehatan maupun bisnis perseroan.

“Pada 2021 ini, kinerja keuangan Bank DKI mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif, ditandai dengan pencapaian laba di Semester 1 tahun 2021 yang tumbuh sebesar 40,8% secara year-on year (YoY) dari Rp279 miliar per Juni 2020 menjadi Rp394 miliar per Juni 2021,” ujar Herry.

Baca juga: Sebanyak 1,4 juta toko di Jakarta telah manfaatkan QRIS

Ia menambahkan, sejumlah indikator kinerja keuangan Bank DKI lainnya turut mengalami pertumbuhan signifikan secara YoY per Juni 2021. Beberapa indikator yang mengalami pertumbuhan signifikan seperti Dana Pihak Ketiga (DPK), penyaluran kredit, dan aset. Non-Performing Loan (NPL) juga menunjukkan kinerja yang membaik secara YoY per Juni 2021.

Sebagai bank yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta, Bank DKI berkomitmen untuk terus mendukung berbagai program kerja Pemprov DKI Jakarta dan terus meningkatkan peranan dalam mendukung pembangunan di DKI Jakarta.

Dukungan tersebut di antaranya adalah berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan mitra lainnya dalam menyelenggarakan beragam program sosial, seperti sentra vaksinasi, mobil vaksin keliling.

Bank DKI juga dipercaya menyalurkan berbagai program bantuan sosial seperti kartu sosial seperti Bantuan Sosial Tunai (BST), Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus), Kartu Lansia Jakarta (KLJ), dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), serta program Dasawisma.

Dalam rangka melanjutkan transformasi perbankan digital yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya di DKI Jakarta, Bank DKI terus berkomitmen dengan mengembangkan inovasi produk dan layanan perbankan digital melalui layanan e-channel seperti JakOne Mobile, sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat modern dalam bertransaksi seperti mobile banking, e-wallet, dan scan-to-pay QRIS.

Peningkatan kapasitas teknis terus dilakukan khususnya pada infrastruktur teknologi untuk mendukung aktivitas operasional dan pengembangan bisnis ke depan.

Bank DKI juga terus mengembangkan aplikasi, jaringan, inovasi informasi, dan sistem teknologi melalui pengembangan JakOne Mobile berbasis komunitas atau community apps, yang di antaranya adalah JakOne Artri, JakOne Erte, JakOne Ancol, dan SiOndel.

Beberapa aplikasi yang dikembangkan dengan berbasis JakOne Mobile tersebut bertujuan menjangkau komunitas yang lebih luas, serta memberikan kemudahan dalam proses transaksi pembayaran secara digital.

Bank DKI juga memiliki produk uang elektronik berbasis kartu, yakni JakCard dan JakLingko, yang sudah digunakan secara luas sebagai e-ticketing untuk moda transportasi, seperti TransJakarta, MRT, dan LRT maupun sebagai akses masuk pada beragam tempat wisata di Jakarta.

"Ke depan, kami berharap Bank DKI dapat terus menjadi Bank pilihan untuk Jakarta yang maju dan sejahtera,” ucap Herry.

Selain Bank DKI, sejumlah BUMD DKI Jakarta turut mendapatkan penghargaan, yakni MRT, JIEP, Sarana Jaya, dan Jaktour. Hal ini menandakan keseriusan Pemprov DKI Jakarta dalam mengembangkan BUMD di DKI Jakarta.

Karena sejumlah BUMD DKI meraih prestasi pada ajang BUMD Awards, maka Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menorehkan sebagai Top Pembina BUMD 2021.

Pewarta : Taufik Ridwan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar