Yogyakarta mulai vaksinasi warga dari hasil penyisiran data RT

id covid yogyakarta, vaksinasi data rt,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi

Yogyakarta mulai vaksinasi warga dari hasil penyisiran data RT

Ilustrasi - Vaksinasi yang dilakukan di salah satu sentra vaksinasi di Kota Yogyakarta. ANTARA/Eka AR/aa.

Yogyakarta (ANTARA) - Kota Yogyakarta mulai melakukan vaksinasi kepada warga kota tersebut yang sampai saat ini belum melakukan vaksinasi berdasarkan hasil penyisiran data yang dilakukan di tingkat rukun tetangga.

“Vaksinasi dilakukan di tingkat kampung. Tujuannya untuk mendekatkan akses masyarakat memperoleh layanan vaksinasi,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Sabtu.

Layanan vaksinasi tersebut, salah satunya digelar di SD Negeri Tegalrejo 1 yang ditujukan untuk warga dengan nomor induk kependudukan (NIK) Kota Yogyakarta yang berdomisili di Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo.

Berdasarkan data awal, terdapat sekitar 131.000 warga dengan NIK Kota Yogyakarta yang belum mengakses vaksinasi COVID-19. Data tersebut kemudian disisir ulang oleh RT dan dilaporan ke kelurahan untuk dijadwalkan vaksinasi.

“Dari pemetaan awal, dimungkinkan sekitar 20 persen warga yang belum vaksinasi tersebut tidak berada di Kota Yogyakarta,” katanya.

Baca juga: Stok vaksin di Yogyakarta 114.000 dosis, tuntaskan vaksinasi Oktober
Baca juga: Yogyakarta fokus jaga tren penurunan kasus positif COVID-19


Heroe berharap, penyisiran ulang data tersebut dapat mempercepat upaya Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memastikan seluruh warga Kota Yogyakarta yang wajib vaksinasi, berusia lebih dari 12 tahun, mendapat vaksinasi.

“Harapannya, vaksinasi bisa diselesaikan September ini,” katanya yang menyebut sudah 63 persen warga Kota Yogyakarta mendapat vaksinasi COVID-19.

Sedangkan capaian total vaksinasi yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta hingga saat ini sudah menyasar sekitar 500.000 warga, termasuk warga dari luar daerah.

“Setelah seluruh warga Kota Yogyakarta tersebut sudah divaksin, kami akan fokus pada warga yang berdomisili di Yogyakarta namun belum divaksin,” katanya.

Saat ini pun, lanjut Heroe, warga dari luar daerah yang berada di Kota Yogyakarta juga bisa mengakses layanan vaksinasi di sejumlah sentra vaksinasi seperti XT-Square, PDAM Tirtamarta, dan SAM Negeri 7 Yogyakarta. Sebelumnya, warga diminta mendaftar melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Baca juga: Satgas COVID-19 Yogyakarta intensifkan vaksinasi langsung ke wilayah
Baca juga: DIY realokasi Rp418,35 miliar untuk penanganan COVID-19
Baca juga: Kasus harian COVID-19 di DIY terus menurun satu pekan terakhir

Pewarta : Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar