Darmizal tegaskan Moeldoko tak terlibat HUT Demokrat di Tangerang

id HUT Demokrat,20 tahun Demokrat,Darmizal KLB,Darmizal Demokrat KLB,KSP Moeldoko,Moeldoko,Moeldoko Demokrat KLB

Darmizal tegaskan Moeldoko tak terlibat HUT Demokrat di Tangerang

Salah satu inisiator acara yang di klaim sebagai Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Darmizal (tengah) memberikan konferensi pers di Jakarta, Selasa (9/3/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko tidak terlibat dalam penyelenggaraan HUT ke-20 Partai Demokrat di Tangerang, Banten, kata HM Darmizal MS, salah satu tokoh kelompok kongres luar biasa (KLB) Deli Serdang.

Oleh karena itu, pernyataan yang menyebut Moeldoko, ketua umum kelompok KLB, terlibat acara HUT di Tangerang, Banten, Jumat (10/9) merupakan fitnah, kata Darmizal saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

“(Fitnah) itu adalah tindakan tidak terpuji, tidak beretika, tidak beradab, dan tidak mempraktikkan demokrasi yang sehat,” terang Darmizal.

Sejumlah anggota KLB menggelar acara peringatan 20 tahun Partai Demokrat di Hotel JHL Solitaire Gading Serpong, Tangerang, Jumat. Namun, sebelum acara itu berlangsung, sejumlah pengurus DPP Partai Demokrat dan DPD Partai Demokrat Provinsi Banten mencopot atribut dan membubarkan kegiatan tersebut bersama kepolisian.

DPP Partai Demokrat saat dihubungi di Jakarta, Jumat (10/9) menyebut kegiatan itu ilegal, karena mencatut nama dan menggunakan atribut partai secara tidak sah.

Baca juga: Pengurus Demokrat bubarkan acara HUT yang digelar kelompok KLB
Baca juga: Pimpinan partai dan ormas yakin Demokrat terus merawat kebersamaan
Baca juga: HUT ke-20, Demokrat beri penghargaan untuk tokoh senior partai


Terkait itu, Darmizal yang mengatasnamakan diri sebagai perwakilan DPP Partai Demokrat KLB Deli Serdang, menyampaikan kegiatan itu merupakan upaya sejumlah pihak meluruskan fakta sejarah pendirian Partai Demokrat.

“Kegiatan HUT di Tangerang, Banten, adalah murni kegiatan pendiri partai yang meluruskan sejarah,” sebut Darmizal.

Ia menjelaskan HUT Partai Demokrat jatuh pada 10 September sebagaimana tercantum dalam akta pendirian partai.

Oleh karena itu, ia menyesalkan aksi pembubaran kegiatan di Tangerang. Darmizal lanjut menyebut aksi itu tidak bermoral.

Darmizal kemudian meneruskan pesan dari Moeldoko yang meminta seluruh pihak mempraktikkan demokrasi yang sehat dan tidak main fitnah.

Sejauh ini, DPP Partai Demokrat yang dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) belum dapat langsung dihubungi untuk diminta tanggapannya.

Partai Demokrat telah merayakan HUT ke-20 secara terbatas di JCC, Jakarta, Kamis (9/9), yang juga diikuti secara virtual oleh 10.000 kadernya. Dalam kegiatan itu, sejumlah pimpinan partai dan pejabat publik turut memberi ucapan selamat. Beberapa di antaranya adalah Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Terkait hasil KLB dan sengketa Partai Demokrat, Menkumham Yasonna Laoly pada akhir Maret 2021 telah menolak usulan perubahan daftar pengurus dan AD/ART yang diajukan oleh pihak KLB Deli Serdang.

Dengan demikian, kelompok yang diakui oleh Kementerian Hukum dan HAM dan Komisi Pemilihan Umum sejauh ini adalah Partai Demokrat pimpinan AHY.

Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar