Jakarta (ANTARA) - Ucapan selamat kepada petenis remaja asal Inggris Emma Raducanu yang menjuarai turnamen Grand Slam US Open di New York, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB) membanjiri lini masa media sosial.

Berbagai kalangan termasuk bintang tenis dunia seperti Simona Halep, Andy Roddick, Johanna Konta, dan sang legenda Billie Jean King serta yang lainnya memberikan pujian atas pencapaian Raducanu yang membuat sejumlah sejarah di AS Terbuka 2021.

Emma Raducanu membuat prestasi mengagumkan setelah mengalahkan Leylah Fernandez pada final yang berlangsung di Arthur Ashe Stadium dengan skor 6-4, 6-3.

Kemenangan tersebut sekaligus menjadikannya sebagai petenis pertama era Open yang mampu memenangi turnamen Grand Slam dengan lebih dulu bersaing dari babak kualifikasi.

Lebih dari itu, petenis 18 tahun itu juga tercatat sebagai atlet putri termuda yang pernah memenangi titel Grand Slam sejak Maria Sharapova memenangi Wimbledon 2004 pada usia 17 tahun.

Baca juga: Raducanu juara US Open, gelar Slam pertama dari petenis kualifikasi

Dilansir dari situs resmi WTA, Minggu, petenis asal Inggris Raya itu juga menjadi petenis pertama yang memenangi US Open tanpa kehilangan satu set pun sejak Serena Williams pada 2014.

Tak ayal, dia pun menerima banyak pujian dari pelaku tenis dunia lainnya. Misalnya, Billie Jean King yang mengatakan bahwa generasi tenis dunia saat ini mengalami peningkatan pesat.

"Sungguh kompetisi dan kedewasaan yang luar biasa dari dua pemain luar biasa. Sungguh luar biasa melihat generasi ini mewujudkan impian kami. Saya tidak dapat mengingat AS Open dengan dukungan penonton yang lebih baik. Terima kasih, New York, penggemar terhebat di dunia. Dan selamat, Emma," kata Billie Jean King.
Berikut beberapa petenis dunia yang memberi ucapan kepada Emma Raducanu melalui media sosial mereka.
Selain itu, masih banyak ucapan lainnya dari berbagai kalangan yang membanjiri lini masa media sosial.

Raducanu bersaing di US Open dengan menempati peringkat 150 dunia. Setelah kemenangan ini, dia pun dipastikan naik ke posisi 23.

Raducanu adalah wanita Inggris pertama yang memenangi gelar tunggal turnamen Grand Slam sejak Virginia Wade memenangi Wimbledon 1977 dan yang pertama memenangi AS Terbuka sejak Virginia Wade pada 1968.

Raducanu debut di WTA Tour pada tiga bulan yang lalu dengan bersaing di Nottingham Terbuka. Dia bermain di turnamen Grand Slam pertamanya di Wimbledon dan menjejak hingga babak 16 Besar.

Baca juga: Final US Open tampilkan duel petenis remaja Raducanu dan Fernandez
Baca juga: Djokovic bertemu Medvedev di final US Open
Baca juga: Naomi Osaka kebanjiran dukungan setelah umumkan rehat dari tenis

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021