Ini kegiatan yang positif untuk masyarakat Kepulauan Seribu
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 13 pemuda perwakilan enam kelurahan di Kepulauan Seribu, Jakarta, mengikuti sertifikasi selam penyelamatan (rescue) untuk menyiapkan tenaga ahli dan profesional dalam spesialisasi penyelaman lepas pantai (offshore) atau tenaga teknis penyelamatan.

"Ini kegiatan yang positif untuk masyarakat Kepulauan Seribu, mudah-mudahan kegiatan sertifikasi Selam Rescue atau A3 ini bisa berlanjut," kata Wakil Camat Kepulauan Seribu Utara, Yulihardi saat membuka Sertifikasi Selam Rescue yang digelar di Balai Warga Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Senin.

Kegiatan itu merupakan hasil kerja sama dengan Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Panggang Wisata Bahari dan PT Nusantara Regas.

Ia menyampaikan, kegiatan ini sebelumnya diawali dari tingkat selam air permukaan (open water),  kemudian "advanced" atau A2 dan sekarang A3 yaitu "rescue".

Ia berharap, dengan memiliki sertifikat selam "rescue" itu, masyarakat dapat lebih mudah untuk mencari pekerjaan di massa pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: PMI kerahkan penyelam untuk mencari puing pesawat Sriwijaya Air

"Kami berharap, mudah-mudahan masyarakat bisa menjadi pemandu atau 'tour guide' wisata selam di wilayah Kepulauan Seribu," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Nusantara Regas Fatma Ully Artha mengatakan program tanggung jawab sosialnya (CSR) di bidang pemberdayaan masyarakat itu ke depannya diharapkan mampu memberikan manfaat untuk kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya di Kepulauan Seribu.

Kegiatan itu juga wujud komitmen perusahaan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang profesional dalam spesialisasi penyelaman "offshore".

"Ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan pelatihan selam bekerja sama dengan LKM Panggang Wisata Bahari dan Pemkab Kepulauan Seribu," tutupnya.

Sertifikasi selam "rescue" pada dasarnya berfungsi sebagai lisensi penyelam dalam melakukan penyelamatan.

Baca juga: BOM JAKARTA - Penyelam bentangkan spanduk #kamitidaktakut

Untuk mendapatkan lisensi selam itu harus melalui proses yang terbagi menjadi beberapa tingkatan, dari yang paling dasar untuk pemula, seperti pembelajaran alat selam, keterampilan selam dan pengetahuan teori mengenai penyelaman, kemudian meningkat menjadi seorang penyelam profesional.

Seorang penyelam yang memiliki "rescue license" harus bisa menolong penyelam lain, mengidentifikasi dan mencegah masalah yang mungkin dapat terjadi baik pada situasi dan alat selam, serta menangani keadaan darurat.

Materi penyelam "rescue" (rescue diver) yang akan dipelajari antara lain adalah cara mengatasi penyelam yang panik, mengatasi penyelam yang tak sadarkan diri, mencari penyelam yang hilang saat menyelam, memberikan oksigen darurat dan sebagainya.

Sebelum mengikuti kursus "rescue diver", umumnya diharuskan sudah melakukan pelatihan pemberian pertolongan pertama (first aid) dan CPR (cardiopulmonary resuscitation/resusitasi jantung paru) dalam dua tahun terakhir.

Baca juga: Kepulauan Seribu benahi fasilitas penunjang wisata Pulau Untung Jawa

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021