Banjarmasin (ANTARA) - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mengirimkan bantuan bagi korban banjir di Kalimantan Tengah (Kalteng) berupa paket sembako.

"Bantuan kami serahkan langsung kepada Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo untuk selanjutnya disalurkan ke para korban banjir," kata Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Mochamad Rifa'i di Banjarmasin, Senin.

Dia mengatakan bantuan tersebut merupakan upaya untuk membantu meringankan kesulitan yang saat ini dialami oleh masyarakat di Kalteng.

Baca juga: Gubernur Kalteng: Jangan ada penumpukan bantuan terdampak banjir

"Bantuan ini untuk meringankan beban saudara-saudara kita di provinsi bertetangga," tutur Rifa'i mewakili Kapold Kalsel Irjen Pol Rikwanto.

Ia berharap banjir yang menggenangi sebagian wilayah di Kalteng segera surut dan masyarakat dapat beraktivitas normal kembali seperti sedia kala.

Rifa'i menyatakan kesiapan Polda Kalsel untuk membantu Polda Kalteng jika diminta dalam upaya penanggulangan banjir seperti pengerahan personel tim SAR untuk proses evakuasi warga.

Baca juga: PLN putus aliran listrik di wilayah Kalteng terdampak banjir

Baca juga: Enam kabupaten di Kalteng status darurat bencana banjir


Bantuan yang dikirimkan terdiri dari mi instan 250 dus, beras 5 ton, minyak goreng 50 dus dan telur 50 rak yang diangkut menggunakan truk boks.

Banjir melanda sejumlah kabupaten di Kalimantan Tengah, seperti Kotawaringin Timur hingga berbagai desa di Katingan, bahkan pemerintah setempat mulai hari ini menutup total Jalan Trans Kalimantan di Desa Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau akibat tingginya genangan air yang mencapai satu meter.

Pewarta: Firman
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021