Sydney (ANTARA) - Negara Bagian Victoria Australia pada Selasa mencatat penurunan  infeksi baru COVID-19 yang akan mempercepat peluncuran vaksinasi di pinggiran kota Melbourne yang paling terpukul oleh COVID-19.

Sebanyak 445 kasus baru yang didapat secara lokal terdeteksi, turun dari 473 yang terjadi sehari sebelumnya.

Dua kematian baru dilaporkan.

Melbourne berharap untuk keluar dari penguncian yang diperpanjang melalui tingkat vaksinasi yang lebih tinggi setelah membuang strategi eliminasi virus ketika para pejabat berjuang untuk memadamkan wabah yang dipicu oleh varian Delta yang lebih menular.

Baca juga: Kasus COVID Victoria Australia naik, wilayah lain cabut 'lockdown'

Pemerintah federal berencana untuk memindahkan 417.000 dosis vaksin tambahan selama tiga minggu ke depan untuk penduduk di utara dan barat Melbourne, di mana sebagian besar infeksi baru terdeteksi.

Posko vaksin akan didirikan di sekolah, pusat komunitas dan tempat ibadah.

Hampir setengah dari 25 juta penduduk Australia terkunci, termasuk orang-orang di Sydney dan Melbourne, kota terbesarnya, dan ibu kota Canberra, ketika negara itu bergulat dengan gelombang infeksi ketiga.

Namun, jumlah virus corona di Australia jauh lebih rendah daripada negara-negara yang sebanding, dengan sekitar 75.700 kasus dan 1.100 kematian, dan tingkat kematian dalam wabah terbaru lebih rendah dari tahun lalu karena vaksinasi yang lebih tinggi di antara yang rentan.

Pihak berwenang berharap untuk mengurangi beberapa pembatasan ketat setelah tingkat vaksinasi dua dosis pada populasi orang dewasa mencapai 70 persen, dan kemudian melonggarkan lebih banyak pembatasan pada 80 persen, dari 42 persen saat ini.

Sumber : Reuters

Baca juga: Negara bagian terpadat ketiga di Australia hindari penguncian COVID
Baca juga: Kasus harian COVID-19 Victoria-Australia tertinggi dalam 13 bulan

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021