Kasal: Pengamanan G-20 di Labuan Bajo akan sesuai prosedur tetap

id TNI AL, kasal, polres manggarai barat, KTT, G20, labuan bajo, manggarai barat, NTT

Kasal: Pengamanan G-20 di Labuan Bajo akan sesuai prosedur tetap

Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, didampingi Komandan Pangkalan TNI AL Labuan Bajo, Letnan Kolonel Laut (P) Roni (kiri), dan Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi (kanan), memberikan pernyataan kepada media usai kunjungan layanan vaksinasi maritim di Markas Komando Pangkalan TNI AL Labuan Bajo, Selasa (14/9/2021). ANTARA/Fransiska M Nuka

Labuan Bajo (ANTARA) - Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, mengatakan, pengamanan pelaksanaan KTT G-20 2022 di lokasi acara sampingan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, akan sesuai prosedur tetap yang telah ada.

"Sudah ada protapnya sendiri untuk pengamanan VVIP atau kepala negara dan tamu asing," kata dia kepada wartawan di Labuan Bajo, Selasa.

Baca juga: Kasal: Patroli pengamanan perairan NTT terus ditingkatkan

Ia mengatakan TNI AL siap untuk menggerakan kapal-kapal perang guna mengamankan para tamu negara dan rombongannya itu.

Menurut dia, pengamanan di darat dan laut ada prosedur tetapnya masing-masing dan TNI AL akan mengambil alih pengamanan di laut.

Ia menjelaskan pelaksanaan KTT G-20 2022 telah diinformasikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan.

Baca juga: KRI RE Martadinata operasi pengamanan perbatasan Indonesia Timur

TNI AL pun akan melakukan persiapan sebaik mungkin dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan internasional itu.

Sementara itu Kepala Polres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, saat dihubungi secara terpisah menyatakan kesiapan guna pengamanan pelaksanaan kegiatan di tahun depan.

Baca juga: KRI I Gusti Ngurah Rai-332 perkuat pengamanan perairan

"Pastinya Polres Manggarai Barat siap melakukan pengamanan berbagai kegiatan nasional dan internasional di wilayah Manggarai Barat," katanya.

Pewarta : Fransiska Mariana Nuka
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar