Jakarta (ANTARA) - Mantan penyerang Chelsea dan Newcastle United, Demba Ba, memutuskan untuk gantung sepatu setelah berkarier selama 16 tahun sebagai pesepak bola.

Ba mencetak 14 gol di semua kompetisi untuk Chelsea sebelum pindah ke Turki setelah satu musim. Dia memenangkan gelar divisi tertinggi Turki dua kali, dengan Besiktas pada 2016-17 dan Istanbul Basaksehir pada 2019-20.

"Dengan hati yang penuh dengan rasa syukur saya mengumumkan untuk mengakhiri karier bermain saya," tulis mantan striker berusia 36 tahun itu di akun Twitternya, yang dikutip Reuters pada Selasa.

“Sungguh perjalanan yang luar biasa. Selain semua keringat dan air mata yang saya hadapi, sepak bola telah memberi saya begitu banyak emosi yang indah."

Baca juga: Mantan penyerang Chelsea Ba gabung Shanghai Shenhua

"Dari semangat para penggemar dan kebisingan yang datang dari tribun setiap gol hingga koneksi dengan rekan satu tim saya di dalam dan di luar lapangan, ini akan selamanya tetap ada di kepala dan hati saya," tutupnya.

Ba, yang pernah dua kali bermain di China bersama Shanghai Shenhua dan mencatatkan 22 penampilan untuk timnas Senegal, tidak memiliki klub setelah meninggalkan klub Swiss Lugano bulan lalu.

Ba bermain untuk Chelsea pada 2012 hingga 2014 lalu, meski hanya dua musim bersama The Blues, Dia memberikan satu momen yang ikonis bagi suporter Chelsea dan Liverpool.

Dia mencetak gol ke gawang Liverpool pada pekan ke-36 Liga Premier Inggris 2013/2014, yang membuat Chelsea menang 2-0 sekaligus membuat Steven Gerrard gagal mendapat gelar juara Liga Inggris bersama Liverpool.

Baca juga: Demba Ba minta sepak bola lawan perlakuan China terhadap Uighur
Baca juga: Chelsea tanpa N'Golo Kante dan Christian Pulisic saat jamu Zenit
Baca juga: Paul Pogba buka peluang perpanjang kontrak di Manchester United

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021