Bengkulu (ANTARA News) - Program studi kedokteran Universitas Bengkulu (Unib) pada 2011 akan memiliki gedung baru sehingga tempat kuliah tidak menumpang lagi di fakultas lain yang ada di universitas tersebut.

"Mulai 2011, prodi kedokteran Unib akan memiliki gedung baru, sehingga tempat kuliah tidak menumpang di fakultas lain seperti yang terjadi selama ini. Dana untuk pembangunan gedung baru sudah dialokasikan pada 2011 mendatang," kata salah seorang dosen prodi kedokteran Unib Suwarno, di Bengkulu, Sabtu.

Ia mengatakan, saat ini sudah memiliki mahasiswa sebanyak 100 orang berasal dari 10 kabupaten/kota di daerah itu.`

"Kita bersyukur meski baru dua tahun program studi kedokteran Universitas Bengkulu didirikan, tapi mahasiswanya saat ini sudah mencapai 100 orang. Mereka berasal kabupaten/kota yang ada di daerah itu," ujarnya.

Mahasiswa prodi kedokteran Unib sebanyak 100 orang itu, terdiri dari mahasiswa umum dan penerima beasiswa dari kabupaten/kota di Bengkulu.

Bagi mahasiswa penerima beasiswa dari daerah asalnya setelah menyelesaikan studi kedokteran di Unib harus mengabdikan diri kepada daerah bersangkutan dalam kurun waktu tertentu.

Hal ini sesuai dengan perjanjian awal ketika mereka mendapatkan beasiswa dari pemerintah daerah setempat. Sekitar 30 persen dari total mahasiswa prodi kedokteran Unib menerima bea siswa dari daerah asalnya.

Hampir seluruh kabupaten/kota di Bengkulu memberikan beasiswa dua sampai tiga orang kepada mahasiswa kedokteran Unib. Dana beasiswa yang diberikan kabupaten/kota kepada mahasiswa tersebut berasal dari APBD setempat.

Setiap mahasiswa mendapat beasiswa Rp500 juta sampai mendapatkan gelar dokter. Kebijakan ini dilakukan kabupaten/kota di Bengkulu untuk mengatasi kekurangan tenaga dokter umum di daerah itu.

"Jadi, mahasiswa yang mendapat beasiswa dari pemda setempat setelah mendapat gelar dokter langsung mengabdikan diri di daerahnya. Dengan demikian, kekuranga dokter dapat diatasi," ujarnya.

Terkait dengan fasilitas prodi Unib, Suwarno mengatakan, jika tidak ada aral melintang pada 2011 gedung kuliah prodi kedokteran akan dibangun.

Selain itu, berbagai fasilitas yang dibutuhkan prodi kedokteran Unib akan dilengkapi pihak universitas, sehingga ke masa depan prodi ini akan semakin baik sesuai yang diharapkan.
(T.ANT-212/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010