Jakarta (ANTARA) - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan pembiayaan berbasis aplikasi bagi gerai binaan PT Pertamina Lubricants  guna meningkatkan kapasitas penjualan serta ikut mendorong pemulihan ekonomi nasional

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K Triprakoso mengatakan pihaknya sangat mendukung pengembangan bisnis jaringan mitra nasabah dengan memanfaatkan pinjaman berbasis aplikasi.

"Kami sangat antusias dengan sinergi antar BUMN ini karena sangat strategis untuk mendukung pencapaian program digitalisasi pada sektor UMKM dan memberikan akses perbankan. Apalagi, kami melihat bahwa di masa pandemi ini, Pertamina Lubricants bertahan bahkan terus berkinerja baik melalui business optimization. salah satunya adalah meluncurnya outlet financing ini," ujar Josephus dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Akses permodalan tersebut akan menggunakan skema outlet financing dengan plafon yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing gerai. Pembiayaan sendiri akan diberikan kepada gerai yang telah bergabung pada aplikasi POWER.

Baca juga: Bank Mandiri dan Pertamina sinergi untuk pembiayaan mitra Pertashop

POWER atau Pertamina Owner dan Mechanic Reward, merupakan sebuah aplikasi berbasis android yang dapat digunakan oleh pemilik gerai dan mekanik untuk informasi program Pertamina Lubricants. 

Melalui perjanjian kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan peran Bank Mandiri dalam meningkatkan pemahaman digital bagi gerai melalui benefit akses permodalan via POWER.

Berdasarkan data dari Kemenkop UKM pada Agustus 2021, jumlah UMKM yang telah on boarding pada ekosistem digital baru mencapai 15,3 juta (23,9 persen) atau naik 7,3 juta selama pandemi dari target 30 Juta UMKM pada 2024.

Josephus mengatakan digitalisasi pada sektor UMKM itu sejalan dengan misi Bank Mandiri yaitu “Menyediakan solusi perbankan digital yang handal dan simple yang menjadi bagian hidup nasabah.”  

Baca juga: Bank Mandiri dukung UMKM naik kelas melalui "Co-Working Space"


 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021