Jakarta (ANTARA) - Sheriff Tiraspol menandai debut mereka di fase grup Liga Champions dengan kemenangan meyakinkan 2-0 atas Shakhtar Donetsk di Stadion Boshaya Sportivnaya Arena, Moldova, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Dua gol kemenangan Sheriff dicetak oleh Adama Traore dan Momo Yansane yang sama sekali gagal dibalas Shakhtar, kendati tim Ukraina itu mendominasi tak kurang dari 74 persen penguasaan bola sepanjang laga.

Sheriff bercokol di puncak klasemen sementara Grup D dengan tiga poin, sembari menanti hasil laga Inter Milan vs Real Madrid, sedangkan Shakhtar jadi juru kunci tanpa poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Tuan rumah tampil percaya diri memasuki pertandingan debut mereka di kasta tertinggi Eropa dan mampu membuka keunggulan pada menit ke-16 melalui gol Traore.

Berawal dari keberhasilan bek sayap Cristiano memenangi perebutan bola di sisi kiri lapangan ia melepaskan umpan silang yang disambut tembakan voli akurat Traore tanpa memberi kesempatan kiper Andriy Pyatov bereaksi.

Tiga menit sesudah itu Pyatov malah melakukan blunder ketika umpannya dipotong oleh Sebastien Thill di tepian kotak penalti Shakhtar, yang kemudian mengirim umpan, sayang tembakan penyelesaian Jasurbek Yaxshiboyev terlalu lemah dan mudah diamankan Pyatov.

Baca juga: Sheriff Tiraspol klub Moldova pertama ke babak utama Liga Champions

Shakhtar perlahan bangkit dan berusaha untuk mencetak gol balasan saat Fernando mengirim umpan terobosan apik ke arah Lassina Traore, sayang tendangan mantan penyerang Ajax itu bisa diantisipasi sempurna oleh kiper Giorgos Athanasiadis ke atas mistar gawang.

Sheriff sukses meredam upaya kebangkitan tim tamu demi mempertahankan keunggulan hingga turun minum dan pada menit ke-51 Athanasidis kembali melakukan penyelamatan gemilang untuk mengamankan bola tembakan Marlos yang sempat berbelok membentur Dulanto.

Kendati terus ditekan, tuan rumah justru sukses mencuri gol kedua pada menit ke-62 saat serangan balik mereka diakhiri umpan silang Cristiano yang kali ini diselesaikan tandukan tajam Yansane ke pojok kiri atas gawang.

Sheriff seharusnya bisa mencetak tiga atau empat gol di laga kali ini, sayang tembakan melengkung Traore masih tipis menyamping dari sasaran dan sepakan mendatar Frank Castaneda bisa diamankan Pyatov.

Sebaliknya Shakhtar sama sekali gagal mengkonversi dominasi penguasaan bola mereka tanpa membuahkan satu gol pun hingga peluit bubaran berbunyi.

Tren positif tentu ingin dilanjutkan Sheriff ketika mereka bertandang ke markas Real Madrid dalam pertandingan kedua pada 28 September nanti, beberapa jam setelah Shakhtar menjamu Inter Milan di Ukraina.

Baca juga: Dortmund kantungi tiga poin penuh dari kandang Besiktas
Baca juga: Pochettino tegaskan Liga Champions adalah target utama PSG musim ini
Baca juga: Solskjaer sebut alasan ganti Ronaldo dan Bruno saat hadapi Young Boys

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021