Ini adalah langkah aktif BRI dalam mendorong UMKM Indonesia untuk maju dan menembus pasar dunia.
Jakarta (ANTARA) - BRI mengampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia sekaligus membuka peluang UMKM Indonesia khususnya dari Jawa Timur di pasar global melalui kegiatan “2021 Food and Beverage Trade Show“ di Indonesian Trade Promotion Cente, Vancouver, Kanada.

“Ini adalah langkah aktif BRI dalam mendorong UMKM Indonesia untuk maju dan menembus pasar dunia,” kata SEVP Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Achmad menyampaikan kegiatan yang berlangsung pada akhir Agustus itu merupakan upaya untuk membina dan membangkitkan UMKM Indonesia. BRI juga membuka jaringan pasar lokal maupun internasional agar tidak terhenti karena pemulihan ekonomi nasional perlu langkah konkrit dan nyata dengan berfokus pada bangkitnya UMKM Indonesia.

“Inilah bukti komitmen kuat BRI untuk terus membantu dan membina UMKM Indonesia, meskipun sedang berada di tengah krisis. BRI berharap pelaku UMKM dapat bertahan dan terus bangkit di kenormalan baru yang ditetapkan olah pemerintah,” ujar Achmad.

Baca juga: Rights issue BRI untuk hadirkan ekosistem ultra mikro terbesar di RI

Ia menjelaskan kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari penyelenggaraan kegiatan Lokal Keren Jatim : Road to Brilianpreneur 2021 pada tanggal 9, 10 dan 13 Agustus 2021 lalu.

BRI memfasilitasi beberapa UMKM di Jawa Timur agar berpartisipasi dalam pameran tersebut dengan perantara Archipelago Marketplace Inc. Platform marketplace e-commerce bagi UMKM Indonesia yang berasal dari Amerika tersebut bertindak sebagai pembeli pada acara Lokal Keren Jatim dan juga memperkenalkan UMKM selama acara berlangsung.

“Kegiatan promosi produk UMKM bertaraf internasional tersebut bertujuan memperkenalkan high-quality food and beverage product asli Indonesia kepada dunia. Nantinya kami berharap pelaku UMKM dapat go global dan terlibat dalam rantai perdagangan produk makanan global,” jelasnya.

Baca juga: BRINS dan Bukalapak kerja sama sediakan proteksi untuk UMKM

Komoditas UMKM Indonesia yang ditampilkan dalam pameran tersebut sebagian besar dari segmen food and beverage, mulai dari kopi, makanan ringan, hasil olahan rempah, olahan buah-buahan, dan makanan khas kedaerahan dari Indonesia lain yang dapat dapat dinikmati oleh masyarakat global.

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021