Saya sangat senang menghadapi akhir pekan ini dan babak baru yang sangat dinantikan ini dengan tim Pabrikan Yamaha
Jakarta (ANTARA) - Franco Morbidelli kembali menjadi tandem mantan rekan satu timnya, Fabio Quartararo, mulai Grand Prix San Marino akhir pekan ini setelah pebalap Italia itu mengantongi kontrak baru dengan Yamaha.

Yamaha pada Kamis mengumumkan bahwa Morbidelli telah menandatangani kontrak dengan tim pabrikan Yamaha untuk lima balapan tersisa pada 2021 serta musim 2022 dan 2023.

Sang pebalap Italia akan menjalani debutnya berseragam tim pabrikan setelah memulihkan diri dari cedera pada akhir pekan ini di Misano.

Baca juga: Yamaha: Morbidelli segera ke tim pabrikan, Dovizioso ke Petronas SRT

Sedangkan bangku yang ia tinggalkan di tim Petronas Yamaha SRT akan diisi oleh kompatriotnya, Andrea Dovizioso, yang juga telah meneken kontrak dengan Yamaha untuk sisa musim dan tahun depan.

"Saya sangat senang menghadapi akhir pekan ini dan babak baru yang sangat dinantikan ini dengan tim Pabrikan Yamaha," kata Morbidelli dikutip laman resmi tim.

"Saya telah mencoba memulihkan diri sebisa mungkin untuk tahap akhir dari kejuaraan ini. Saya ini kembali ke trek yang saya paham betul dan memiliki kenangan luar biasa di sana, seperti Misano."

Selama tiga tahun di bawah bendera Yamaha, Morbidelli telah menunjukkan motivasi yang tinggi dan bahkan finis sebagai runner-up kejuaraan pada 2020, setelah mengamankan lima podium termasuk tiga kemenangan pada musim itu.

Tahun ini, sang pebalap Italia didera badai cedera ketika kembali memperkuat tim Petronas Yamaha SRT. Dia memutuskan untuk naik meja operasi demi menangani ligamen di lutut kirinya pada 25 Juni lalu, sehingga harus melewatkan balapan di Belanda, dua di Austria, Inggris, dan Aragon.

Menjalani program rehabilitasi, Morbidelli siap kembali beraksi akhir pekan ini di Misano, bereuni dengan Quartararo dan menunggangi motor spek pabrikan Yamaha 2021 YZR-M1.

Baca juga: GP San Marino: Bagnaia pimpin serbuan Ducati di sirkuit kandang Misano

Dengan kontrak berdurasi setidaknya dua tahun mendatang sebagai pebalap pabrikan, Morbidelli akan mendapatkan dukungan penuh dari Yamaha.

Managing director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis mengungkapkan bahwa rencana awal mereka mempromosikan Morbidelli ke tim pabrikan mulai 2022.

Akan tetapi, di tengah musim Yamaha dan Maverick Vinales resmi memutuskan perceraian mereka lebih awal, dari rencana semula di akhir musim, sehingga meninggalkan satu bangku kosong di tim pabrikan.

Hubungan Yamaha dan Vinales yang retak di paruh pertama musim diperkeruh dengan ulah sang pebalap Spanyol yang diduga mencoba merusak mesin motornya akibat frustasi tampil buruk di Austria.

"Akan tetapi, menyusul perubahan line-up pebalap di tengah musim, kami memiliki kesempatan untuk meng-upgrade dia (Morbidelli) lebih dini," kata Jarvis.

"Pada dasarnya, kami sangat senang Franky kembali ke paddock dan dia cukup sehat untuk memulai balapan lagi. Dia akan menemukan performanya secara bertahap, sejalan dengan peningkatan kondisi fisiknya, karena dia masih memulihkan diri.

"Kami akan menggunakan sisa musim 2021 untuk membuat dia nyaman di tim dan di atas motor."

Baca juga: Marquez menuju Misano dengan motivasi ekstra

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021