Pemprov DKI fasilitasi pemasangan instalasi karya pelaku ekraf

id Jakarta kota kolaborasi, kota kolaborasi, ekonomi kreatif, instalasi seni, instalasi karya seni

Pemprov DKI fasilitasi pemasangan instalasi karya pelaku ekraf

Arsip foto - Jakarta Kota Kolaborasi di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (29/8/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna.

Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi pemasangan instalasi karya seni kreasi pelaku ekonomi kreatif sebagai bentuk dukungan dan motivasi agar ekonomi kembali bangkit setelah terdampak pandemi COVID-19.

"Tujuannya untuk membangkitkan dan memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif di Jakarta untuk tetap berkreasi di tengah tantangan pandemi," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya di Jakarta, Kamis.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI bersama Jakarta Experience Board (JXB) berkolaborasi dengan salah satu pelaku ekonomi kreatif memasang instalasi sepatu raksasa bertajuk "Xpresikan Warnamu".

Instalasi itu, kata dia, akan dipajang mulai 17 hingga 26 September 2021 di Stasiun BNI City Taman Dukuh Atas, Lapangan Banteng, dan Alun-Alun Velodrome.

Ia menjelaskan pembangunan instalasi ini merupakan inisiasi dari pelaku ekonomi kreatif yang bersifat nonbudgeter APBD.

Pemprov DKI Jakarta, kata dia, memfasilitasi dengan menyediakan ruang publik yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Jakarta.

Instalasi seni ini dilengkapi dengan QR code yang dapat dipindai, sehingga masyarakat dapat membaca surat terbuka yang ditujukan kepada para pejuang kreatif.

Surat ini berisi ajakan kepada seluruh elemen, terutama para pelaku ekonomi kreatif, untuk bisa melakukan pendekatan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi supaya dapat bertahan pada masa sulit.

Instalasi yang hadir di Ibu Kota ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk membuat gerakan-gerakan kolaborasi yang lebih besar.

Dengan demikian, kata dia, Jakarta sebagai kota metropolitan layak menjadi tempat bagi warga kota untuk berekspresi, berkreasi, dan berinovasi bersama.

Ia juga berharap instalasi tersebut mendorong pemulihan ekonomi nasional sekaligus mendukung Jakarta sebagai Kota Kolaborasi melalui kampanye kreatif di ruang publik DKI Jakarta serta menyukseskan city branding +Jakarta Kota Kolaborasi.

Selain memfasilitasi instalasi seni tersebut, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta juga telah melakukan beberapa strategi dan upaya dalam rangka pemulihan ekonomi di Jakarta, seperti pelatihan dan pembinaan pengembangan usaha.

Selain itu, fasilitasi pemasaran bagi pelaku ekonomi kreatif dan akses permodalan yang berkolaborasi dengan pelaku usaha, universitas, e-commerce, dan perbankan.

Gumilar menambahkan bahwa pemasangan instalasi sepatu raksasa ini juga sekaligus menandai dimulainya rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021.

Festival itu diadakan setiap tahun yang terdiri dari berbagai rangkaian acara, di antaranya diskusi, kompetisi, hingga forum internasional yang akan membahas beragam topik penting tentang kota.

Baca juga: Wali Kota Jakarta Utara apresiasi kolaborasi parpol terkait vaksinasi

Baca juga: Pulau Panggang pampang mural "Plus Jakarta Kota Kolaborasi" di dermaga

Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar