Bekasi (ANTARA) - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengajak segenap pekerja perusahaan untuk ikut dalam program gebrakan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya mencapai kekebalan kelompok di daerahnya.

"Hari ini saya kumpulkan para HRD tiap perusahaan yang berdiri di Kota Bekasi dalam upaya pencapaian herd immunity di wilayah kita sekaligus mengajak para karyawan yang belum divaksin untuk segera mengikuti vaksinasi," katanya di Bekasi, Jumat.

Menurut dia pekerja atau pegawai harus mengikuti program vaksinasi sebagai upaya pencegahan penularan wabah COVID-19 sebagai antibodi saat terserang virus.

Baca juga: KSAL: Ekonomi segera pulih dengan capaian vaksinasi sesuai target

"Akan tetapi jangan juga menjadi jumawa jika sudah divaksin, tetap menerapkan protokol kesehatan setiap melakukan aktivitas," katanya.

Rahmat mengatakan Kota Bekasi dalam waktu dekat berencana melakukan gebrakan vaksin yang akan tersebar di 10 titik per kelurahan serta beberapa titik di perbatasan daerah.

"Kami sudah siapkan dosis dan tenaga kesehatannya, hanya kami minta tempat untuk pelaksanaannya di perusahaan. Kami akan terus melakukan gebrakan ini dalam rangka peningkatan herd immunity, dipastikan juga ajak keluarga dan kerabat yang ingin divaksin," katanya.

Dia juga memastikan ketersediaan vaksin di Kota Bekasi mencukupi untuk kebutuhan vaksinasi pekerja. Saat ini vaksin merek Sinovac, Astra Zeneca, Moderna, hingga Pfizer telah tersedia dan siap didistribusikan ke lokasi vaksinasi.

Melalui pertemuan ini, kata dia, target capaian 70 persen kekebalan kelompok di Kota Bekasi diharapkan mampu ditingkatkan hingga 100 persen dengan pelaksanaan vaksinasi pekerja.

Baca juga: Menhub alokasikan 25.000 dosis vaksin untuk Soloraya

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi Ika Yarti mengatakan pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan pendataan perusahaan yang bersedia menjadi lokasi pelaksanaan vaksinasi bagi pekerjanya.

"Penting bagi perusahaan untuk segera melakukan vaksinasi COVID-19 karena produktivitas pekerja setelah divaksin tentu akan meningkat sehingga perusahaan akan mampu meraup profit besar bagi bisnisnya," katanya.

Ika meminta setiap pekerja yang mendapatkan kesempatan mengikuti vaksinasi COVID-19 dari pemerintah daerah melalui perusahaannya untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan itu.

"Perusahaan juga saya minta untuk memastikan pekerjanya agar mau divaksin, tentunya bagi pekerja berikut keluarganya," kata dia.

Baca juga: Gerakan Mobil Masker sambangi 10 kecamatan di Pangandaran
Baca juga: Bioskop tak jual makanan dan minuman hindari pengunjung buka masker

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021