Surabaya (ANTARA) - PSM Makassar mengalahkan Persebaya dengan skor 3-1 pada laga pekan ketiga Liga 1 musim kompetisi 2021/2022 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu malam.

Gol-gol kemenangan PSM Makassar dicetak oleh striker impornya, Anco Jansen pada menit ke-29 dan 36, serta Yakob Sayuri pada menit 37. Sedangkan, gol Persebaya dilesakkan Jose Wilkson menit 19.

Pada menit awal kedua tim mengambil inisiatif serangan, terbukti pada lima menit pertama sudah sama-sama memiliki peluang melalui tendangan penjuru.

Baca juga: Persebaya akui sudah kantongi kelemahan dan kelebihan PSM Makassar

Persebaya nyaris membuka keunggulan menit keenam melalui M Syaifuddin, namun tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih bisa diblok kiper PSM Makassar, Syaiful.

Menit ke-19, tim “Bajul Ijo” unggul terlebih dahulu melalui Jose Wilkson setelah memanfaatkan kesalahan pemain belakang PSM Makassar saat menghalau umpan Ricky Kambuaya.

Bola liar di dalam kotak penalti mampu dimanfaatkan Wilkson dengan memperdayai dua bek lawan, termasuk kiper Syaiful yang tak menyangka bola bergulir pelan di pojok kiri gawangnya.

PSM Makassar yang tertinggal bermain lebih terbuka dan berselang 10 menit kemudian mampu menyamakan kedudukan melalui sepakan penalti Anco Jansen.

Wasit Aprisman Aranda asal Sumatera Barat memberikan hadiah penalti setelah Jansen dilanggar oleh Arif Satria di dalam kotak terlarang.

Pada menit ke-36, kembali Anco Jansen membuat kiper Persebaya Ernando Ari harus memungut bola dari gawang setelah tendangan bebas mendatarnya gagal diantisipasi.

Baca juga: Kiper PSM Hilman Syah dipastikan absen kontra Persebaya

Hanya berselang semenit, PSM Makassar semakin memperbesar keunggulan melalui Yakob Sayuri yang berdiri bebas tanpa kawalan pemain belakang Persebaya.

Pada babak kedua, Pelatih Aji Santoso yang tak ingin timnya menelan kekalahan kedua musim ini mengganti tiga pemainnya dan memasukkan Akbar Firmansyah, Marselino Ferdinan dan Adi Setiawan.

Serangan-serangan Persebaya hingga pertengahan babak kedua terus menemui jalan buntu karena disiplinnya pemain bertahan PSM Makassar.

Masuknya Rendy Irwan menggantikan Akbar Firmansyah pada awal babak kedua tidak mampu mengubah keadaan hingga 90 menit waktu normal pertandingan berakhir.

Kemenangan membuat tim berjuluk Juku Eja tersebut meraih poin penuh perdana dari tiga laga awal sekaligus berada di posisi enam klasemen sementara dengan lima poin.

Bagi Persebaya, kekalahan ini adalah yang kedua dengan baru sekali mencatatkan kemenangan sehingga hanya mengoleksi tiga poin dan berada di posisi 10 klasemen.

Baca juga: PSM tak gentar hadapi Persebaya

Susunan pemain:

Persebaya: Ernando Ari PG), Rachmat Irianto (C), Alie Sesay, M Syaifudin, Alwi Slamat, Arif Satria, Ricky Kambuaya, Bruno Moreira, Taisei Marukawa, Samsul Arif, Jose Wilkson.
Pelatih: Aji Santoso

PSM Makassar: Syaiful (PG), Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Rasyid Bakri, Sutanto Tan, Willem Pluim (C), Anco Jansen, Ilhamudin Armaiyn, Yakob Sayuri
Pelatih: Milomir Seslija

Baca juga: PSM Makassar kontra Madura United berakhir imbang 1-1

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021