Bogor (ANTARA News) - Sejak diberlakukannya one way dari Puncak menuju Jakarta pada hari Minggu mulai pukul 15.30 WIB, maka arus lalu lintas kendaraan ramai lancar. Pantauan ANTARA melalui layar CCTV Pos Polisi Gadok, Minggu sore,memperlihatkan arus kendaraan mulai dari Riung Gunung, Rindu Alam sudah lancar.

Begitu pula di Taman Safari Indonesia arus kendaraan sudah lancar, meski sedikit tersendat di Pasar Cisarua.

Selanjutnya, dari Pasar Cisarua menuju Mega Mendung dan Simpang Gadok, arus lancar satu arah dari Puncak.

"One way kita berlakukan hingga pukul 18.00 WIB, setelah kendaraan dari Puncak berkurang baru kita buka kembali," kata Kepala Satlantas Polres Bogor, AKP Fathoni Riza, di Pos Polisi Gadok, Minggu.

AKP Fathoni menyebutkan jumlah kendaraan hari ini lebih berkurang dibanding pada Sabtu dan malam tahun baru.

Berdasarkan data dari Pintu Tol Ciawi yang diterbitkan Pos Polisi Gadok, jumlah kendaraan roda empat yang keluar dan masuk menuju Puncak pada hari Sabtu (1/1) terdiri atas roda empat yang masuk sebanyak 35.976 unit, sementara yang keluar sebanyak 24.186 unit.

"Hari ini jumlah kendaraan lebih berkurang dari sebelumnya, karena lebih banyak yang pulang berlibur dari arah Puncak, sementara kemarin dari dua arah padat," katanya Fathoni.

Fathoni menambahkan, volume kandaraan di Puncak selama libur tahun baru, rata-rata mencapai 25.000 unit, dan puncak kepadatan terjadi pada sehari sebelum malam tahun baru dan hari pertama tahun baru.

Menurut Fathoni, kepadatan arus disebabkan oleh jumlah kendaraan yang terus bertambah sementara ruas jalan yang tersedia tidak mencukupi.

Ia mengatakan jalur Puncak memiliki panjang 22 kilometer, seharusnya menampung rata-rata 10.000 kendaraan sementara jumlah kendaraan yang melintas pada musim liburan lebih dari itu.

"Jadi masyarakat harus bersabar jika ingin ke Puncak," katanya.(*)

T.KR-LR/A011/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011