Komisi III DPR RI: Uji kelayakan calon hakim agung selesai sehari

id DPR RI,Calon Hakim Agung

Komisi III DPR RI: Uji kelayakan calon hakim agung selesai sehari

Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry (www.dpr.go.id)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry menargetkan uji kelayakan dan kepatutan sebanyak 11 calon hakim agung akan selesai dalam satu hari.

"Kami akan lakukan uji kelayakan calon hakim agung secara maraton hari ini," kata Herman Herry di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan Komisi III DPR RI memutuskan uji kelayakan calon hakim agung akan dilakukan pada Senin pagi hingga malam hari. Karena itu, menurut dia, direncanakan hasilnya sudah dapat diketahui pada Senin malam dan Selasa (21/9) dibawa dalam Rapat Paripurna untuk diputuskan dalam pengambilan keputusan Tingkat II.

Baca juga: Calon hakim agung Yohanes: Masih terjadi korupsi politik di Indonesia

"Kami putuskan uji kepatutan sampai pada pengambilan keputusan diperkirakan sesuai aturan sampai Selasa pukul 23.00 WIB," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan 11 orang calon hakim agung yang diusulkan Komisi Yudisial (KY) pada Senin-Selasa (20-21 September 2021).

Baca juga: Calon hakim agung Dwiarso dukung RUU Perampasan Aset

Sebanyak 8 calon hakim agung yang menjalani uji kelayakan terdiri atas tujuh calon hakim agung kamar pidana, yaitu Dwiarso Budi Santiarso, Yohanes Priyana, Jupriyadi, Aviantara, Suradi, Subiharta, Suharto, dan Prim Haryadi.

Sementara itu dua calon hakim agung kamar perdata, yakni Ennid Hasanudin dan Haswandi, serta satu calon hakim agung kamar militer, yakni Brigjen (TNI) Tama Ulinta Br Tarigan.

Baca juga: Komisi III gelar uji kelayakan 11 calon hakim agung


Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar