Latihan pembulatan itu diberikan agar para prajurit Komcad memiliki kepercayaan sendiri dan memiliki standar yang sama
Pontianak (ANTARA) - Kodam XII Tanjungpura memberangkatkan sebanyak 499 prajurit Komponen Cadangan (Komcad) angkatan pertama untuk melakukan latihan pembulatan di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Batujajar, Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.

"Latihan pembulatan itu diberikan agar para prajurit Komcad memiliki kepercayaan sendiri dan memiliki standar yang sama," kata Wakil Komandan (Wadan) Rindam XII Tanjungpura, Kolonel (Inf) Endra Saputra Kusuma di Pontianak, Senin.

Dia mengatakan, ke 499 prajurit Komcad angkatan pertama itu sebelum diberangkatkan ke Batujajar telah menjalani pendidikan dasar militer dan taktis selama tiga bulan di Rindam Kodam XII/Tanjungpura di Singkawang, baru kemudian diberangkatkan untuk menjalani latihan pembulatan di Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar.

"Di Batujajar, ke 499 prajurit Komcad Kodam XII/Tpr ini akan bergabung dengan Komcad dari Kodam Jaya, Kodam III/ Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro dan Kodam V/Brawijaya," ujarnya.

Total dari lima Kodam yang ikut latihan di Batujajar itu sebanyak 2.500 orang, katanya.

Menurut dia, di Batujajar para Komcad tersebut akan mendapat latihan pembulatan selama dua minggu.

Latihan itu hanya untuk pembulatan saja, untuk melihat latihan yang telah dijalani dan sejauh mana segi persepsi penguasaan materi latihan yang telah diberikan di masing-masing Rindam, katanya.

"Dan hari ini untuk para Komcad Kodam XII/Tpr kami berangkatkan secara resmi ditandai dengan apel di Pelabuhan Dwikora Pontianak," katanya.

Baca juga: Kasad tekankan ke jajaran agar program Komcad terlaksana dengan baik
Baca juga: Sebanyak 500 sukarelawan jalani latsarmil komcad di Rindam XII/Tpr

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021