Jakarta Timur raih juara Harapan 1 di ajang TTG tingkat nasional

id Jakarta Timur,Teknologi Tepat Guna,Sampah organik,Ciracas

Jakarta Timur raih juara Harapan 1 di ajang TTG tingkat nasional

Kota Jakarta Timur meraih penghargaan juara Harapan 1 dalam ajang Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) XXII 2021 dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Senin (20/9/2021). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Timur

Jakarta (ANTARA) - Kota Jakarta Timur meraih penghargaan juara harapan 1 lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) XXII tahun 2021 dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Kota Jakarta Timur yang mewakili DKI Jakarta pada perlombaaan tersebut  berpartisipasi dalam kategori Posyantek Desa Berprestasi melalui inovasi "Tabung Ajaib" pengolah sampah organik rumah tangga yang dibuat Posyantek Kecamatan Ciracas.

“Semoga dari kegiatan ini masyarakat  bisa lebih melek teknologi, dan bisa berinovasi,  seperti sekarang ini membuat inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat dan diikutsertakan pada lomba," kata Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar, di Jakarta, Senin.

Baca juga: Mendes PDTT sebut inovasi dan teknologi percepat kemajuan desa

Anwar mengatakan inovasi "Tabung Ajaib" yang dibuat Posyantek Kecamatan Ciracas mampu mengurangi sampah organik rumah tangga dan bisa mengolah satu kilogram sampah menjadi pupuk dan dipasarkan sehingga bernilai ekonomis. 

“Jika itu digunakan oleh seluruh warga Jakarta Timur, Saya yakin sampah kita akan berkurang 30 persen," ujar Anwar.

Anwar juga mengimbau kepada Posyantek Kecamatan Ciracas untuk mengembangkan inovasi tersebut dengan bantuan Sudin Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Timur dan Dinas PPAPP DKI Jakarta. 

"Kami juga akan melakukan pemantauan dan evaluasi Posyantek bersama jajaran Pemerintah Kota Jakarta Timur dibantu Dinas PPAPP DKI Jakarta dan Sudin PPAPP Jakarta Timur," tutur Anwar.

Baca juga: Sisa makanan bisa ditukar dengan rupiah di bank sampah Kemayoran
Baca juga: Wagub pastikan pengolahan sampah tanpa polusi dibangun di Tebet

Pewarta : Yogi Rachman
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar