New York (ANTARA) - Produk-produk dan dana-dana investasi mata uang kripto mencatat arus masuk selama lima minggu berturut-turut karena sentimen pasar pada sektor ini terus membaik, data dari manajer aset digital CoinShares menunjukkan pada Senin (20/9/2021).

Aliran masuk kripto berjumlah 41,6 juta dolar AS untuk minggu yang berakhir 17 September, dengan Bitcoin mendapatkan sebagian besar arus masuk sebesar 15,3 juta dolar AS, dan produk Ether mengumpulkan 6,6 juta dolar AS. Data menunjukkan bahwa arus masuk terlihat di seluruh papan perdagangan.

Arus masuk mata uang digital untuk 2021 masih tetap kuat sebesar 5,96 miliar dolar AS.

“Sentimen yang meningkat ini bisa menjadi fenomena musiman, tetapi kami tidak melihat kenaikan volume produk-produk investasi yang sepadan,” kata James Butterfill, ahli strategi investasi di CoinShares.

“Ini menunjukkan bahwa beberapa investor mengambil keuntungan dari pelemahan harga baru-baru ini dan terus meningkatnya popularitas uang kripto lainnya,” tambahnya.

Bitcoin paling menderita dari sentimen negatif investor dengan arus masuk hanya dalam tiga minggu dari 16 minggu terakhir, kata laporan itu. Selama tahun ini, total pangsa pasar aset yang dikelola telah turun dari 81 persen pada Januari menjadi hanya 67 persen pada Jumat (17/9/2021) lalu, tambahnya.

Secara keseluruhan, aliran masuk Bitcoin untuk tahun ini berjumlah 4,2 miliar dolar AS.

Penyedia data blockchain, Glassnode, dalam catatan terbarunya pada Senin (20/9/2021), mengakui latar belakang ekonomi makro saat ini yang menampilkan ketidakpastian yang berkembang di pasar-pasar kredit China. Tetapi dicatat bahwa bahkan di tengah lanskap ini, “aksi harga Bitcoin, dan respons investor on-chain tampak relatif kuat.”

Glassnode percaya Bitcoin sedang membentuk "rentang perdagangan konsolidasi."

Bitcoin mencapai level tertinggi hampir empat bulan di atas 52.000 dolar AS pada 6 September, tetapi saat ini turun 7,4 persen pada 43.748 dolar AS.

Grayscale masih merupakan pengelola aset kripto terbesar, dengan aset di bawah kelolaannya 43,2 miliar dolar AS, naik dari sekitar 28,5 miliar dolar AS sekitar pertengahan hingga awal Agustus.

Aset di bawah kelolaan di CoinShares, manajer aset digital terbesar kedua, mencapai 4,2 miliar dolar AS.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021