RPTRA Garuda Cilangkap panen sayur hasil pertanian perkotaan

id Urban farming,Pertanian kota,Panen raya,Cilangkap,RPTRA,RPTRA Garuda,PKK ,Pertanian perkotaan,Setaka,Salak condet,Mangga gedong

RPTRA Garuda Cilangkap panen sayur hasil pertanian perkotaan

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat memanen sayur hasil pertanian perkotaan (urban farming) di RPTRA Garuda, Cilangkap, Jakarta, Selasa (21/9/2021). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Timur.

Jakarta (ANTARA) - Pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Garuda, Cilangkap, Jakarta Timur, memanen sayuran hasil pertanian perkotaan (urban farming) yang ditanam di lokasi tersebut.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar yang hadir dalam panen bersama itu mengatakan, sayuran yang dipanen terdiri atas timun suri, oyong, serai, kangkung dan pakcoy.

"Adapun panen tersebut hasil 'urban farming' kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pokja 3 dengan pemanfaatan lahan," kata Muhammad Anwar di Jakarta, Selasa.

Anwar mengupayakan seluruh masyarakat di wilayahnya dapat mempraktikkan "urban farming" baik yang mempunyai lahan pekarangan maupun tidak memiliki lahan pekarangan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur, Diah Anwar mengatakan, penanaman sayuran rutin dilakukan oleh kader PKK di wilayahnya. Salah satunya melalui gerakan Sejuta Tanaman Langka (Setaka).

Gerakan itu untuk memperkenalkan tanaman khas yang ada wilayah masing-masing kelurahan, seperti di Kelurahan Gedong dengan Mangga Gedong atau wilayah Condet dengan Salak Condet. 

Seperti di RPTRA Garuda, ia akan memperkenalkan timun suri yang identik hadir di bulan puasa tetapi bukan bulan puasa tetap ada. "Ini adalah yang kita harapkan, cita-cita kita bersama dalam berkolaborasi dengan Sudin KPKP ke depannya," ujar Diah. 
Baca juga: Balai Penyuluh Pertanian Ujung Menteng panen raya 90 kilogram sayur
Baca juga: Kelompok Tani Fatmawati panen sayuran hasil pertanian perkotaan

Pewarta : Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar