Jakarta (ANTARA) - Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan dalam peningkatan ekspor nasional Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank turut aktif berpartisipasi untuk mendukung pencapaian kekebalan (herd) immunity di wilayah yang menjadi penyangga kawasan wisata Danau Toba.

Dalam rangkaian pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sebanyak 50.000 dosis di Kabupaten Toba yang berlangsung pada 16-21 September 2021, LPEI menyampaikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Toba berupa 38 tabung oksigen, 10.000 masker kain dan 400 pasang sarung tangan medis.

"Dalam rangka HUT ke-12 LPEI melalui program CSR #LPEIPeduli, kami mendukung Pemerintah Kabupaten Toba mencapai target herd immunity dan melengkapi pusat kesehatan masyarakat yang tersebar di 19 kecamatan dengan tabung oksigen, sehingga pelayanan terhadap masyarakat akan semakin optimal," kata Direktur Pelaksana IV LPEI Henry Sihotang dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Bantuan tabung oksigen untuk 19 puskesmas kecamatan diserahkan langsung secara simbolis oleh Direktur Pelaksana IV LPEI Henry Sihotang kepada Bupati Toba Poltak Sitorus, disaksikan Hendrik Tobing, mewakili Kepala Kanwil Sumatera Utara, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan RI, jajaran Pemkab Toba, tokoh masyarakat dan peserta vaksinasi.

Ribuan peserta menunjukkan antusiasme dan kesadaran akan pentingnya vaksinasi kedua untuk memperkuat daya tahan tubuh menghadapi pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama lebih dari satu setengah tahun ini.

Dalam acara penyerahan bantuan tersebut, Pemerintah Kabupaten Toba pun mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh LPEI.

"Semua pihak harus bekerja sama untuk mengatasinya. Terima kasih kepada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atas pemberian CSR kepada Kabupaten Toba dan akan kami pergunakan sebaik-baiknya untuk melawan COVID-19 ini," ujar Bupati Toba Poltak.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021