Vaksinasi massal sasar 6 ribu warga Ambon

id covid ambon,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi

Vaksinasi massal sasar 6 ribu warga Ambon

Vaksinasi massal yang digelar PMI Maluku di IAIN Ambon. ANTARA/Winda Herman/am.

Ambon (ANTARA) - Pekan Selebrasi Vaksinasi yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mulai 22 September sampai 14 Oktober 2021 akan menyasar sebanyak 6 ribu warga.

"Sebelumnya kita telah melaksanakan kegiatan vaksinasi massal dan antusias masyarakat dalam mengikuti vaksinasi mengalami peningkatan jumlah penerima vaksin khususnya anak-anak," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Kamis.

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Pemkot Ambon bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda), menyasar 6 ribu orang untuk vaksinasi tahap pertama maupun kedua.

"Kita berharap hingga akhir pelaksanaan vaksinasi massal jumlah penerima terus bertambah," katanya.

Ia menjelaskan, dinas kesehatan menyediakan tiga jenis vaksin, yakni Moderna, Aztrazeneca dan Sinovac, dengan sasaran vaksinasi masyarakat yang sama sekali belum menerima vaksin atau belum menerima vaksin tahap kedua, ibu hamil, pemuda 18-30 tahun, lansia serta anak usia 12 - 17 tahun.

Baca juga: Vaksinasi di Ambon terkendala gangguan jaringan internet Telkom
Baca juga: PMI Maluku-ICRC targetkan 700 orang di Ambon divaksinasi


Vaksinasi kata Richard, bukanlah obat yang dapat menangkal atau menghindar dari virus COVID- 19. Vaksin jenis apapun tidak akan mampu menghalangi penyebaran virus jika tidak disertai disiplin protokol kesehatan.

"Jadi perubahan perilaku untuk taat protokol kesehatan dengan mengedepankan 5 M adalah kunci yang dapat melindungi diri dan keluarga kita dari virus bahaya ini," katanya.

Dari total target vaksinasi 274.194 warga Kota Ambon, sampai dengan saat ini telah terealisasi sebanyak 183.267 jiwa atau 66,8 persen untuk tahap satu.

Sedangkan vaksinasi tahap dua sebanyak 89.076 jiwa atau 32,5 persen.

"Jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan upaya vaksinasi massal yang terus digalakkan oleh pemerintah Kota Ambon dengan target pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity di akhir tahun 2021," katanya.

Baca juga: Saat pandemi, Menparekraf dorong musisi Ambon digitalisasi musik
Baca juga: Perdana di masa pandemi, IAIN Ambon gelar konser musik tatap muka
Baca juga: Vaksinasi COVID-19 massal ibu hamil mulai digelar di Ambon

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar