Jakarta (ANTARA) - Sumbangan vaksin tahap ke-3 dari Prancis kepada Indonesia tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis, kata Kedutaan Besar Prancis di Jakarta.

Sumbangan sebanyak 1.236.480 dosis vaksin AstraZeneca itu merupakan bagian dari hibah 3 juta dosis vaksin untuk Indonesia yang diumumkan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Agustus.

Bantuan vaksin itu diberikan melalui mekanisme skema vaksin global COVAX.

Sebelumnya, pengiriman pertama bantuan sebanyak 358.700 dosis vaksin tiba pada 10 September dan pengiriman kedua sebanyak 968.000 dosis vaksin tiba pada 16 September.

Total pengiriman vaksin AstraZeneca dari Prancis yang sudah diterima Indonesia setelah pengiriman vaksin tahap ke-3 tersebut mencapai 2,5 juta dosis.

Sumbangan vaksin itu merupakan wujud solidaritas dan dukungan Prancis kepada Indonesia dalam program vaksinasi nasional untuk melawan pandemi COVID-19, kata Kedubes Prancis dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Indonesia kembali terima donasi vaksin dari AS, Prancis

Sumbangan dosis vaksin sangat penting dan telah terbukti menjadi satu-satunya respons jangka pendek yang efektif untuk mendukung pengiriman vaksin ke seluruh dunia.

Presiden Macron sebelumnya menekankan pentingnya solidaritas internasional negara-negara maju untuk berbagi dosis vaksin dengan 92 negara yang menjadi bagian dari COVAX AMC.

Sumbangan Prancis untuk program COVAX merupakan bagian dari upaya global Tim Eropa yang mendukung mekanisme tersebut untuk memastikan solidaritas vaksin yang nyata.

Sedikitnya 100 juta dosis vaksin COVID-19 dari Eropa akan dibagikan sepanjang 2021.

Prancis terus mendampingi Indonesia dalam upaya memerangi wabah COVID-19, demikian pernyataan Kedubes Prancis.

Baca juga: Sumbangan 358.700 dosis vaksin COVID-19 dari Prancis tiba di Indonesia
Baca juga: Indonesia akan terima 3 juta dosis vaksin COVID-19 dari Prancis

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021