Mendikbudristek luncurkan Gernas BBI Aroma Maluku

id Gernas BBI, Aroma Maluku, Nadiem Makarim

Mendikbudristek luncurkan Gernas BBI Aroma Maluku

Tangkapan layar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Aroma Maluku di Jakarta, Jumat (24/9/2021). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Aroma Maluku yang menjadi langkah bersama dalam memulihkan perekonomian Indonesia.

“Pemulihan pada bidang pendidikan dan kebudayaan ditentukan oleh para guru dan pelaku budaya yang bergerak mewujudkan Merdeka Belajar. Dalam membangkitkan ekonomi nasional, sektor pendidikan dan ekonomi memainkan peran strategis dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,” ujar Nadiem dalam peluncuran Gernas BBI yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan pembangunan berkelanjutan yang dimaksud adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan pada masa sekarang dan yang akan datang. Untuk mewujudkan hal itu, sektor pendidikan dan ekonomi harus bersinergi dan harus menghilangkan sekat-sekat.

“Sehingga inovasi yang lahir di lingkungan pendidikan dapat memberikan dampak yang besar bagi pembangunan bangsa,” ujar dia.

Nadiem menambahkan perlu upaya untuk meningkatkan kesadaran akan inovasi, kemandirian dan kedaulatan negeri. Melalui gerakan tersebut, Nadiem yakin UMKM di Maluku mendapatkan kesempatan lebih dulu dalam mengembangkan dan memasarkan kekayaan alamnya.

Kemendikbudristek juga akan menjadikan Gernas BBI tersebut sebagai langkah awal pembentukan kemampuan pemasaran digital siswa SMK. Dalam gerakan tersebut, program utama adalah pelatihan pemasaran digital bagi siswa SMK yang difokuskan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan keahlian dalam menunjang proses orientasi UMKM.


Pewarta : Indriani
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar