Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) dengan panjang lengkung karapas 174 cm, lebar karapas 114 cm, dan lebar jejak 194 cm didapati tengah menggali lubang untuk bertelur ....
Jakarta (ANTARA) - Informasi terkait komitmen pemerintah menuju ekonomi hijau atau sirkular hingga penemuan penyu belimbing raksasa di Kalimantan Barat menjadi berita terpopuler di kanal ekonomi Antaranews.com sepanjang Minggu (26/9/2021).

Selain itu terdapat pula beberapa berita yang masih layak dibaca pada Senin pagi ini mulai dari penerbangan ke pedalaman Papua dari Timika dikurangi 70 persen lantaran adanya pertandingan terbang layang PON XX Papua, pemerintah ajak pemuda menjadi wirausaha sosial, hingga transformasi digital BRI.

Berikut berita populer ekonomi selengkapnya:


Transformasi ke arah ekonomi sirkular

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan komitmen pemerintah untuk melakukan transformasi ekonomi ke arah yang lebih hijau atau sering disebut dengan ekonomi sirkular.

Ekonomi sirkular merupakan model industri baru yang berfokus pada reducing, reusing, dan recycling yang mengarah pada pengurangan konsumsi sumber daya primer dan produksi limbah.


PON XX Papua, penerbangan ke pedalaman dikurangi 70 persen

Penerbangan perintis angkutan orang maupun kargo barang dari Bandara Mozes Kilangin Timika ke beberapa daerah di Papua dikurangi hingga 70 persen lantaran landas pacu bandara digunakan secara bersamaan untuk menggelar pertandingan cabang olahraga terbang layang PON XX Papua.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan lokasi terjun payung berada di Pusat Pemerintahan SP3 Timika hanya berjarak lima kilometer dari aproach Bandara Runway 15.


Pemerintah ajak pemuda jadi wirausaha sosial

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak generasi muda menjadi wirausaha sosial yang memberdayakan masyarakat saat pandemi COVID-19.

“Wirausaha sosial tidak hanya berorientasi profit, namun juga banyak menjalankan berbagai peran untuk memberdayakan masyarakat,” ujarnya.


Penyu terbesar di dunia muncul di Pantai Paloh

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkapkan fenomena langka munculnya penyu belimbing yang dikenal sebagai penyu terbesar di dunia, di pesisir pantai di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) dengan panjang lengkung karapas 174 cm, lebar karapas 114 cm, dan lebar jejak 194 cm didapati tengah menggali lubang untuk bertelur di pantai Sungai Belacan.


Transformasi digital BRI

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo mengatakan perseroan serius dalam melakukan transformasi digital untuk menciptakan pertumbuhan kinerja di masa depan yang memberikan dampak besar terhadap sharing economy di tengah masyarakat.

Dalam transformasi digital yang dilakukan BRI, lanjut Indra, pihaknya ingin menghasilkan sesuatu yang sangat customer driven, customer centric yang akhirnya bisa disebut sebagai great product dan nantinya akan disukai dan dipakai oleh nasabah.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021