Kemenko Marves harap startup SSI Batch 3 bantu pulihkan pariwisata

id Perusahaan rintisan,Startup,Industri pariwisata,Startup Studio Indonesia

Kemenko Marves harap startup SSI Batch 3 bantu pulihkan pariwisata

Tangkapan layar saat Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo R.M Manuhutu menyampaikan paparan dalam acara virtual yang digelar Senin (27/9/2021). ANTARA/Fathur Rochman.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) berharap perusahaan rintisan (startup) yang terpilih dalam program Startup Studio Indonesia (SSI) Batch 3 dapat membantu memulihkan sektor pariwisata yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Mungkin ke depannya adalah bagaimana teman-teman dari startup batch 3 ini bisa membantu industri pariwisata, terutama karyawan-karyawan yang banyak mengalami kesulitan untuk bertahan," ujar Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo R.M Manuhutu dalam acara virtual, Senin.

Baca juga: Kominfo umumkan 15 startup terpilih program SSI Batch 3

Dia mengatakan, upaya memulihkan kembali sektor pariwisata melalui startup telah dilakukan oleh sejumlah negara. Para pelaku startup, kata dia, mengembangkan aplikasi-aplikasi yang memudahkan wisatawan saat ingin mengunjungi suatu obyek wisata.

Odo berharap para pelaku startup Tanah Air juga bisa membantu meningkatkan kualitas pariwisata dalam negeri melalui kemampuan, kompetensi, dan pengembangan teknologi baru yang mereka miliki.

"Apakah dari experience dari para wisatawannya atau juga experience dari pengelola kawasan pariwisata," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Odo juga mengajak para pelaku startup untuk terus melakukan inovasi yang berdampak langsung terhadap masyarakat.

Dia lalu mencontohkan Inovasi pendiri Amazon Jeff Bezos atau Bos Tesla Elon Musk yang menghadirkan wisata ke luar angkasa.

"Mereka hanya dengan riset selama 10 tahun terakhir sudah berhasil untuk mengembangkan yang namanya space tourism ..... artinya mereka melihat peluang-peluang memanfaatkan teknologi melalui riset untuk membuat pasar-pasar baru," kata Odo.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengumumkan 15 startup terpiih yang akan mengikuti program inkubasi intensif SSI Batch 3.

"Saya ingin mengucapkan selamat sebesar-besarnya kepada 15 startup yang mengikuti program start up studio Indonesia batch ketiga," ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam acara virtual, Senin.

Semuel mengatakan terpilihnya 15 startup tersebut telah melalui proses seleksi yang ketat dari total 5.723 pendaftar SSI batch 3.

Adapun ke-15 startup terpilih yaitu AturKuliner, AyoBlajar, Bicarakan, Bolu, Eateroo, Finku, FishLog, Gajiku, Imajin, Keyta, Powerbrain, KreatifHub, Sgara, Soul Parking, dan Zi.Care.

Baca juga: Tips merintis startup hingga sukses jadi "unicorn"

Baca juga: "1000 Startup Digital" diharap hadirkan solusi dengan kearifan lokal

Baca juga: "Startup" yang dinamis jadi pilihan incaran para pekerja muda

Pewarta : Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar