Untuk memberikan waktu bekerja bagi pewarta, media center ini ditutup maksimal pukul 21.00 WIT
Mimika (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Pemerintah Kabupaten Mimika memfasilitasi kerja dan rekreasi para pewarta peliput PON XX Papua di klaster Mimika dengan berbagai kelengkapan di pusat media (media center).

"Media Center ini cukup komplet dan mengakomodasi keperluan teman-teman media. Semuanya dikelola oleh Kominfo, Dinas Kominfo Mimika dan Bagian Humas Protokol Sekda Kabupaten Mimika," ujar Wakil Koordinator Media Center klaster Mimika PON XX Papua Indri Aprilia kepada Antara di lokasi, Senin.

Untuk mendukung pekerjaan pewarta, Project Manager Media Center klaster Mimika PON XX, Papua, Yuri Maulana memaparkan bahwa pusat informasi media yang berada di Hotel Grand Mozza, Mimika, itu dilengkapi dengan ruang kerja dengan kapasitas 35-40 orang.

Baca juga: PB PON klaster Mimika gelar bimtek peliputan PON

Di dalamnya ada 10 komputer yang dilengkapi dengan sambungan internet, baik LAN maupun nirkabel, dengan kecepatan mencapai 300 mbps.

Kemudian, terdapat pula tiga LCD berukuran besar yang masing-masing menampilkan informasi terkini terkait hasil pertandingan dan klasemen serta siaran langsung dari arena. Selain itu, tersedia mesin cetak (printer) dengan tinta warna.

Jika terjadi permasalahan teknis di ruang media, pewarta dapat menghubungi meja bantu (help desk) yang diisi oleh pekerja teknologi informasi.

Bukan cuma itu, di media center tersebut juga ada ruang konferensi pers dan lokasi khusus untuk wawancara (interview corner).

"Untuk ruang konferensi pers ini dapat diisi 20-30 orang," kata Yuri.

Baca juga: Peralatan biliar telah terpasang di arena klaster Mimika
 
Para pewarta bekerja di pusat media (media center) PON XX, Papua, klaster Mimika di Mimika, Senin (27/9/2021). "Media center" ini dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunjang produktivitas dan rekreasi peliput PON XX. (Michael Siahaan)

Sementara untuk rekreasi pewarta, media center klaster Mimika dilengkapi dengan enam kursi pijat yang dapat digunakan secara gratis.

Kemudian, panitia menyediakan makanan dan minuman gratis untuk semua peliput PON XX, Papua, yang berada di Mimika.

"Ada empat kali makan. Pertama, coffee break pukul 10.00 WIT, dilanjutkan makan siang pukul 12.00 WIT, coffee break lagi pukul 15.00 WIT dan makan malam pukul 18.00 WIT," tutur Yuri.

Tidak lupa, lantaran masih dalam situasi pandemi COVID-19, media center tersebut menerapkan protokol kesehatan seperti wajib mencuci tangan, memeriksa suhu sebelum masuk ruangan dan memakai masker.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, disiagakan ruang kesehatan di sana.

Media Center PON XX, Papua, klaster Mimika buka setiap hari selama berlangsungnya PON, mulai pukul 09.00 WIT.

"Untuk memberikan waktu bekerja bagi pewarta, media center ini ditutup maksimal pukul 21.00 WIT," ujar Yuri.

Sebanyak 12 cabang olahraga dipertandingkan di klaster Mimika PON XX, Papua, yaitu terbang layang, futsal, panjat tebing, bola basket lima lawan lima, terjun payung, judo, biliar, aeromodeling, atletik, tarung derajat, bola tangan dan bola basket 3X3.

Baca juga: PON jadi ajang promosi perikanan Mimika

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021