Fajar/Rian akui masih beradaptasi dengan lapangan

id fajar alfian,muhammad rian ardianto,piala sudirman,bulu tangkis,badminton

Fajar/Rian akui masih beradaptasi dengan lapangan

Arsip foto - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat sesi latihan jelang bulan Ramadhan 2021 di Pelatnas PBSI Cipayung, Senin. (dokumentasi PP PBSI)

Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengaku masih berusaha beradaptasi dengan kondisi lapangan dan suasana pertandingan Piala Sudirman 2021, yang digelar di Energia Areena, Vantaa, Finlandia.

“Karena sudah lama sekali tidak bertanding, kami pun masih meraba-raba feeling dan beradaptasi dengan lapangan. Tapi yang pasti kami senang sekali karena akhirnya bisa tampil lagi, perdana,” kata Fajar dalam keterangan resmi PBSI yang diterima Antara di Jakarta, Senin malam.

Fajar/Rian membuka kemenangan Indonesia atas tim Kanada pada laga penyisihan kedua grup C. Mereka menundukkan BR Sankeerth/Nyl Yakura dalam dua gim dengan skor 21-16, 21-10.

Baca juga: Fajar/Rian rebut poin kemenangan pertama Indonesia atas Kanada

Selain beradaptasi dengan lapangan, Rian juga mengaku terus berpikir dan mencari cara sepanjang permainan agar tidak membuat banyak kesalahan yang bisa menguntungkan lawan.

“Tadi selama pertandingan, saya hanya berusaha untuk fokus dan berpikir, terus mencari cara supaya tidak banyak membuat kesalahan, jangan sampai kena fault,” ungkap Rian.

Sementara itu, di mata sang pelatih, Herry Iman Pierngadi, penampilan Fajar/Rian di gim pertama terlalu terburu-buru karena baru pertama kali turun bertanding setelah sekian lama.

Namun pada gim kedua, penampilan mereka dinilai lebih lepas karena sebelumnya telah memenangi gim pertama.

Baca juga: Marcus/Kevin sumbang poin ketiga untuk Indonesia di Piala Sudirman

“Di gim kedua, Fajar/Rian terlihat lebih nyaman. Mereka lebih menikmati pertandingan, lebih enjoy,” ujar Herry.

Ia menambahkan Fajar/Rian dipilih untuk tujuan rotasi pemain saat melawan Kanada. Selain itu juga untuk menambah jam terbang pengalaman bertanding mereka di nomor beregu.

Pada penyisihan pertama grup C melawan tim NBFR (National Badminton Federation of Russia), Indonesia memainkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Selain kedua pasangan itu, masih ada pula Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang belum diturunkan.

Baca juga: Praveen/Melati sempurnakan kemenangan Indonesia di penyisihan pertama

"Fajar/Rian kita beri kesempatan untuk terus berkembang. Selain itu juga untuk melihat bagaimana penampilan mereka. Apalagi, bisa dibilang mereka adalah pasangan yang paling siap karena memiliki persiapan yang paling lama dibanding dua pasangan yang lain," tutur Herry.

Dalam gelaran Piala Sudirman tahun ini, Indonesia berada di grup C bersama dengan Denmark, Kanada dan NBFR.

Sebelumnya pada laga penyisihan pertama grup C yang berlangsung Minggu (26/9) kemarin, Indonesia meraih kemenangan sempurna 5-0 atas tim NBFR.

Sementara itu, senasib dengan Indonesia, Denmark juga memetik kemenangan telak 5-0 atas tim Kanada.


Pewarta : Rr. Cornea Khairany
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar