Bantu "herd immunity", Indocement vaksinasi massal di Bogor sepekan

id Indocement, vaksinasi massal,covid-19

Bantu "herd immunity", Indocement vaksinasi massal di Bogor sepekan

Kegiatan Vaksinasi massal di Sport Hall Indocement, Kompleks Pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/9/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Indocement)

Citeureup, Bogor (ANTARA) - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, menggelar vaksinasi massal COVID-19 di Sport Hall Indocement, Kompleks Pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat sepekan penuh pada 20-26 September 2021 guna membantu terwujudnya kekebalan kelompok.

"Vaksinasi COVID-19 bertujuan menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) dengan harapan agar masyarakat dapat kembali beraktivitas normal seperti sebelum masa pandemi," kata Corporate Social Responsibility and Security (CSRC) Division Manager Indocement Gadang Wardono di Citeureup, Bogor, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa total vaksin yang diberikan kepada masyarakat mencapai 12.250 dosis. Setiap harinya, Indocement memberikan sebanyak 2.500-3.000 dosis vaksin selama tujuh hari.

Menurut dia masyarakat yang tinggal di sekitar Kompleks Pabrik Citeureup cukup antusias dalam pelaksanaan vaksinasi itu. Untuk melayani warga, Indocement mengerahkan 26 tenaga kesehatan dan 99 orang Satgas COVID-19 selama pelaksanaan vaksinasi.

Selain itu, Indocement melibatkan personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta pemerintah desa yang berada di wilayah Kecamatan Citeureup untuk menjaga lokasi vaksinasi agar tetap aman dan kondusif sesuai protokol kesehatan (prokes).

Di samping itu, Indocement juga mendukung program Gebyar Vaksinasi COVID-19 pada hari Sabtu (18/9) di Kampung Bojong RW 7, Kelurahan Puspanegara atas kerja sama dengan Ikatan Remaja Masjid As Sa'adah, Yayasan Az-Zikra, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dan  Kelurahan Puspanegara. Jumlah vaksinasi yang diberikan adalah sebanyak 500 dosis.

Sebelumnya, pada akhir bulan Agustus 2021, Indocement Kompleks Pabrik Cirebon juga menyelenggarakan kegiatan yang sama dengan menggandeng Puskesmas Gempol, kepada 1.027 orang berhasil divaksinasi.

"Keseriusan Indocement untuk membantu desa mitra dalam menanggulangi pandemi COVID-19 terbukti melalui berbagai program kesehatan yang sudah konsisten dilakukan sejak Februari 2020," katanya.

Diharapkan kontribusi Indocement dalam menysukseskan program vaksinasi tersebut akan membantu Pemkab Bogor melampaui target sebanyak 4,2 juta dosis vaksin pada bulan Desember mendatang.

"Ini adalah bagian dari kontribusi Indocement untuk turut mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok di masyarakat Indonesia," demikian Gadang Wardono.

Baca juga: Disaksikan Presiden, 1.000 karyawan Indocement divaksin Gotong Royong

Baca juga: Bergandengan tangan membantu APD bagi tenaga kesehatan

Baca juga: Indocement vaksin 1.000 karyawan cegah penularan COVID-19

Baca juga: Gandeng ULM, Indocement terbitkan "Buku Pintar COVID-19 Untuk Ibu"


 

Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar