Balai Karantina Pertanian Palangka Raya gelar vaksinasi rabies gratis

id PDHI,Balai Karantina Hewan,Palangka Raya rabies

Balai Karantina Pertanian Palangka Raya gelar vaksinasi rabies gratis

Petugas melakukan sterilisasi pada kucing jantan di peringatan Hari Rabies Sedunia di Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangka Raya, Selasa (28/9/2021). ANTARA/Rendhik Andika.

Palangka Raya (ANTARA) -
Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangka Raya bersama Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Kalimantan Tengah dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kota Palangka Raya menggelar pelayanan vaksinasi rabies secara gratis.

"Bertepatan dengan Hari Rabies Sedunia kami bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait penyelenggaraan vaksinasi rabies gratis selama sehari," kata Sub Koordinat Karantina Hewan Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangka Raya Imam Rahmadi di Palangka Raya, Selasa.

Dia menerangkan pada pelaksanaan vaksinasi tersebut layanan yang diberikan tidak hanya vaksinasi rabies tetapi juga layanan sterilisasi hewan penular rabies dan layanan pemeriksaan kesehatan hewan.

Sementara itu Koordinator Fungsional Karantina Hewan Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangka Raya Danang menerangkan pada kegiatan tersebut setidaknya 30 hewan jantan dilakukan sterilisasi, 40 hewan disuntik anti rabies dan empat hewan dilakukan pemeriksaan kesehatan.

"Baik anjing maupun kucing hari ini mengikuti kegiatan peringatan Hari Rabies Sedunia. Agar tidak terjadi kerumunan dan penerapan protokol kesehatan secara ketat layanan hari ini dibagi menjadi dua sesi. Pendaftarannya dilakukan daring," kata Danang.

Baca juga: Masyarakat diajak aktif mencegah penyakit rabies dengan vaksinasi
Baca juga: Pemprov DKI gandeng daerah penyangga cegah penularan rabies


Operator tindakan sterilisasi yang juga anggota Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Kalimantan Tengah Eko Hari Yuono menerangkan kegiatan tersebut selain peringatan Hari Rabies Sedunia juga sebagai upaya menyukseskan target dunia bebas rabies 2030 mendatang.

"Untuk hari ini PDHI Kalteng bekerja sama dengan berbagai pihak terkait juga melaksanakan kegiatan serupa di enam wilayah di Kalimantan Tengah," kata Eko.

Eko menerangkan Peringatan Hari Rabies Sedunia tahun ini menggarisbawahi peran penting yang dapat dilakukan masyarakat untuk membantu mengatasi tantangan ini dan menjaga diri mereka tetap aman dari ancaman rabies.

Sementara itu seorang warga Lia yang membawa kucing jantannya untuk dilakukan sterilisasi menyambut baik program yang dilaksanakan gratis tersebut.

"Kalau untuk vaksin kucing saya sudah dilakukan suntik sebelumnya. Untuk hari ini kucing saya dilakukan sterilisasi. Semoga program ini terus berlanjut," kata Lia di lingkungan Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II Palangka Raya usai pelayanan.

Baca juga: 3.744 hewan di Jakarta Barat divaksin anti rabies
Baca juga: IPB University: 26 provinsi di Indonesia endemik rabies
Baca juga: Vaksinasi rabies di Yogyakarta digelar September

Pewarta : Rendhik Andika
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar