Ada beberapa pekebun yang batal mengikuti program peremajaan tanaman kelapa sawit karena harga sawit naik
Mukomuko (ANTARA) -
Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan sejumlah petani kebun kelapa sawit di Desa Lubuk Talang batal mengikuti program peremajaan tanaman kelapa sawit karena harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) naik.
 
"Ada beberapa pekebun yang batal mengikuti program peremajaan tanaman kelapa sawit karena harga sawit naik," kata Kasi Produksi dan Proteksi Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Muhammad Asri, dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.
 
Kelompok tani Harapan Bersama di Desa Lubuk Talang sebelumnya mengusulkan peremajaan tanaman kelapa sawit yang tidak produktif karena menggunakan bibit asalan dan berusia tua di atas lahan seluas sekitar 70 hektare.
 
Ia mengatakan karena ada beberapa pekebun di wilayah ini yang batal mengikuti program peremajaan, luas lahan perkebunan yang diusulkan mendapatkan program berkurang dari 70 hektare menjadi 67 hektare.
 
"Sejumlah petani mengundurkan diri sebagai calon penerima program peremajaan tanaman kelapa sawit karena mereka masih membutuhkan hasil panen sawit," ujarnya.

Baca juga: Harga CPO Jambi naik tipis, tembus di atas Rp12.000 per kilogram
 
Ia mengatakan beberapa orang petani kelapa sawit yang batal tersebut mengusulkan program peremajaan tanaman kelapa sawit karena umur tanamannya di atas 25 tahun.
 
Meskipun umur tanaman kelapa sawit tersebut di atas 25 tahun namun produktivitas tanaman tersebut masih tinggi, sehingga petani batal mengikuti program peremajaan tanaman kelapa sawit.
 
Sementara itu ada dua kelompok tani dari Desa Lubuk Pinang, Kecamatan Lubuk Pinang, yang mengusulkan peremajaan tanaman kelapa sawit yakni Kelompok Tandan Mas sekitar 80 hektare dan Kelompok Tani Sejahtera sekitar 90 hektare.
 
Selain itu sebanyak tiga kelompok tani yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini telah mengusulkan peremajaan tanaman kelapa sawit di atas lahan seluas 345,68 hektare.
 
Tiga kelompok tani ini yakni KRP Sinar Abadi Desa Sungai Gading seluas 132,43 hektare, Kelompok Tani Cahaya Sejahtera Desa Talang Sakti seluas 120,47 hektare, dan kelompok tani Maju Bersama Desa Sungai Lintang seluas 92,78 hektare.
 
Dinas Pertanian pada 2021 menargetkan peremajaan tanaman kelapa sawit tidak produktif karena menggunakan bibit asalan dan berusia tua di lahan milik kelompok tani seluas 1.500 hektare.

Baca juga: Wapres: PSR untuk tingkatkan produktivitas kebun sawit rakyat
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021